Dark/Light Mode

Dapil Papua

Wajah Lama Pergi, Wajah Baru Datang

Selasa, 6 Februari 2024 07:55 WIB
Adu kuat Caleg. Gambar: RM
Adu kuat Caleg. Gambar: RM

RM.id  Rakyat Merdeka - Dapil Papua jadi pembuktian kekuatan Partai NasDem di Pemilu 2024. Karena 3 petahana dari NasDem memutuskan pindah dapil. Sementara partai lain, memasang wajah-wajah baru yang bisa mengancam kursi DPR milik NasDem.

Pada Pemilu 2019, NasDem menjadi juara di Bumi Cenderawasih. Dari 10 kursi DPR yang tersedia, NasDem berhasil meloloskan kadernya ke Senayan. Mereka adalah Roberth Rouw, Sulaeman Hamzah dan Ina Elisabeth Kobak.

Namun di Pemilu 2024, ketiganya tidak lagi maju dari dapil Papua. Adanya pemekaran wilayah baru, membuat ketiganya memutuskan untuk maju dari dapil Papua Pegunungan dan Papua Selatan.

Baca juga : Orang-orang Kritis Terus Tunjukkan Diri

Sementara 7 kursi DPR lainnya diperoleh John Siffy Mirin dan Mesakh Mirin dari PAN, Marthen Douw dari PKB, Komarudin Watubun dari PDIP, Willem Wandik dari Demokrat, Trifena M. Tinal dari Golkar, dan Steven Abraham dari Gerindra.

Meskipun ditinggal tiga jawaranya, tapi NasDem menambal dengan kekuatan baru yang tak kalah moncer. Misalnya, mantan Puteri Indonesia Olvah Alhamid. Dia dipasang NasDem sebagai caleg nomor urut 3.

Selain pintar dan muda, Olvah juga memiliki popularitas yang tinggi. Dirinya kerap tampil di televisi dalam menyikapi berbagai kasus, khususnya terkait masalah Papua dan perempuan.

Baca juga : RUU Desa Diplenokan Di Baleg

Kendati punya popularitas tinggi, Olvah tetap rajin kampanye. Hal itu bisa dilihat dari postingan yang dibagikan Olvah di Instagram pribadinya, @olvaholvah. Dari sejumlah foto yang diposting, perempuan berkulit hitam manis ini memamerkan dirinya sedang menemui masyarakat di sejumlah daerah di Papua.

“Ingat ya 14 Februari 2024 cari kertas suara warna kuning, cari partai NasDem, cari nomor 3, S Olvah Alhamid. Syarifah dari Papua. Terima kasih,” tulis Olvah.

Olvah juga getol memamerkan kemesraannya dengan pasangan Capres-Cawapres yang diusung NasDem, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Tentu, upaya Olvah ini bertujuan agar mendapat efek ekor jas dari pencapresan keduanya. “Apa kabar kau Abah? Presiden 2024-2029. Amiin,” ucap Olvah di-caption bergambar Anies.

Baca juga : Indonesia Mau Bikin Aplikasi Digital Khusus Pengangguran

Bukan cuma Olvah yang harus diwaspadai petahana. Muka baru lainnya seperti dari partai non-Parlemen juga tergolong kuat. Misalnya Caleg dari Partai Hanura, Kenius Kogoya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.