Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Permudah Pencari Kerja, Pemkot Tangerang dan KNPI Bikin Bursa Kerja Daring

Jumat, 1 November 2019 22:52 WIB
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat peringatan Hari Sumpah Pemuda, GOR Damyati Tangerang. (Foto: Pemkot Tangerang)
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat peringatan Hari Sumpah Pemuda, GOR Damyati Tangerang. (Foto: Pemkot Tangerang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemkot Tangerang bekerja sama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengadakan bursa kerja sistem daring. Kegiatan diadakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda.

Kepala Disnaker Kota Tangerang, Rakhmansyah, mengatakan, bursa kerja sistem daring merupakan inovasi yang dilakukan Pemkot Tangerang untuk memudahkan pencari kerja. Melalui sistem daring , pencari kerja tak perlu membawa kertas lamaran. "Bursa kerja sistem daring lebih hemat dan efisien," ujarnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (1/11)

Baca juga : Menteri Syahrul Minta Penyuluh Dorong Gerakan Pembangunan Pertanian

Di bursa kerja sistem daring, pencari kerja cukup mengunduh dan login di aplikasi Tangerang LIVE. Kemudian pencari kerja masuk ke dalam menu jobfair dan mengisi data diri. "Data diri yang input antara lain, alamat, pendidikan terakhir, tahun lulus, jurusan, pengalaman kerja, keahlian, dan nomor telepon atau handphone," paparnya.

Setelah itu, pencari kerja diwajibkan melampirkan berkas data diri berupa pas foto, Ijazah, Kartu Kuning, Daftar Riwayat, KTP, Surat Keterangan Catatan Kepolisian, SIM, dan surat keterangan sehat. "Beberapa berkas wajib diupload oleh pencari kerja, setelah itu lalu klik daftar," ujarnya.

Baca juga : Ombudsman: Selain Pendidikan Digital, Pembangunan Gedung Sekolah Juga Penting

Lanjutnya, pencari kerja dapat memilih waktu untuk menghadiri jobfair yang diselenggarakan. Sebelum memasuki area Jobfair, agar melakukan scan QR Code. "Pelamar cukup melakukan scan QR code di perusahaan yang dituju. Apabila memenuhi kriteria, klik tombol lamar. Jika ingin melamar di perusahaan lainnya, tinggal klik tombol tambah," ujarnya.

Dijelaskan Rakhmansyah, dalam bursa kerja yang diselenggarakan di GOR Damyati Tangerang ini menyediakan sebanyak seribu lowongan pekerjaan dari 11 perusahaan yang berpartisipasi. "Kami harap bursa kerja ini dapat dimanfaatkan oleh pencaker untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kriteria yang dimilikinya," ujarnya.

Baca juga : Raih Anugerah Pandu Negeri, Pemkot Tangerang Janji Tak Berhenti Bikin Terobosan

Ketua KNPI Kota Tangerang, Uis Adi Darmawan, menyatakan, kegiatan bursa kerja ini dalam rangka mengatasi permasalahan pengangguran di kalangan pemuda. Tak hanya bursa kerja, kegiatan yang bertajuk Milenial Expo 2019 itu juga mengadakan pelatihan kewirausahaan. Ada empat jenis  pelatihan yakni youtuber, sablon, tata boga, dan barista.

"Para pencari kerja di Kota Tangerang agar ke depannya tak hanya mengandalkan kerja formal tapi mau berwirausaha. Sehingga menciptakan lapangan kerja baru," ujarnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.