Dark/Light Mode

DPRD DKI Terima Banyak Keluhan

Seragam Adat Di Sekolah Tambah Beban Orang Tua

Minggu, 21 April 2024 06:50 WIB
Ketua Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta Iman Satria. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)
Ketua Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta Iman Satria. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Dalam Permendikbudristek Nomor 50 tahun 2022 disebut­kan bahwa peserta didik dapat mengenakan baju adat pada hari atau acara adat tertentu. Penggunaan seragam baju adat ini berlaku mulai 7 September 2022.

Pengaturan seragam sekolah itu bertujuan untuk menanamkan dan menumbuhkan nasional­isme, meningkatkan citra satuan pendidikan, menumbuhkan se­mangat persatuan dan kesatuan di kalangan peserta didik.

Baca juga : Real Madrid Vs Barcelona, El Real Waspadai Blaugrana

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Purwosusilo mengaku belum mendapatkan surat edaran resmi dari Kementerian Pendi­dikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbduristek) soal penggunaan pakaian adat.

Purwosusilo bilang, pihaknya belum menerapkan aturan terse­but. Pihaknya tengah mempe­lajari dan mengkaji kebijakan tersebut.

Baca juga : Jojo Cs Gendong Tim Garuda

“Kami nggak bisa gegabah mengambil sikap. Kami harus mempelajari dulu, nanti kami koordinasikan, komunikasikan langsung dengan Kemendik­bud,” kata Purwosusilo.

Karena itu, lanjut dia, setelah libur Lebaran, pihaknya akan tetap menggunakan aturan lama, mengenakan seragam sekolah seperti biasa.

Baca juga : Diawasi KPK, Masih Berani Mark Up Harga

Dia juga mengaku belum mengetahui secara detail Permen­dikbudristek Nomor 50 Tahun 2022 tersebut.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 21 April 2024 dengan judul DPRD DKI Terima Banyak Keluhan, Seragam Adat Di Sekolah Tambah Beban Orang Tua

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.