Dark/Light Mode

Jaga Ketahanan Pangan, Pj Walkot Tangerang Maksimalkan Lahan Kosong

Sabtu, 25 Mei 2024 20:56 WIB
Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin saat menyampaikan sambutannya pada program Penanaman Jagung Ketan di Lahan Tidur Kelurahan Cikokol, Selasa (21/5/2024). Foto: Istimewa
Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin saat menyampaikan sambutannya pada program Penanaman Jagung Ketan di Lahan Tidur Kelurahan Cikokol, Selasa (21/5/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen untuk menjaga ketahanan pangan demi terwujudkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada.

Seperti lahan kosong di Kelurahan Cikokol, milik salah satu pengembang di kota Tangerang yang dimanfaatkan menjadi lahan tanaman produktif berupa jagung.Di lahan seluas 4,5 hektar tersebut bisa menghasilkan 2 (dua) sampai 3 (tiga) ton per hektar.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin menyampaikan bahwa, di tengah keterbatasan lahan yang ada, Pemkot Tangerang terus memaksimalkan potensi yang ada untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Seperti melalui pemanfaatan lahan kosong, program urban farming dan juga vertical garden.

Baca juga : PUPR Kerahkan Alat Berat Tangani Banjir Lahar Dingin Di Sumbar

"Kota Tangerang ini, terbatas produksi pangannya terutama pertanian, namun kita tidak berhenti di situ. Kita mencoba memaksimalkan potensi yang sudah tersisa," jelas Alumni UI saat menyampaikan sambutannya pada program Penanaman Jagung Ketan di Lahan Tidur Kelurahan Cikokol, Selasa (21/5/2024).

Dr. Nurdin menjelaskan bahwa di tengah keterbatasan, kota Tangerang harus bisa memaksimalkan keberadaan lahan kosong tersebut.

"Lahan kosong yang ada ini barang antik, karena sedikit, terbatas orang yang pengin banyak. Oleh karenanya harus dimaksilkan," ujarnya.

Untuk itu, lanjut mantan Pj Bupati Aceh Jaya, pemkot akan terus berupaya melibatkan semua pihak agar bisa memaksimalkan lahan tidur untuk mendukung program ketahanan pangan.

Baca juga : Jaga Kesehatan Jemaah Haji, 62 Ton Obat Disiapkan di Madinah

"Nanti akan komunikasikan ke semua pihak yang punya lahan tidur untuk ikut program ketahanan pangan," tukasnya.

Sebagai informasi, sampai saat ini sudah ada 161 hektar lahan yang dimanfaatkan oleh pemkot Tangerang untuk program Ketahanan Pangan. Lahan- lahan tersebut tersebar di 4 (empat) kecamatan yaitu Neglasari, Pinang, Benda, dan Tangerang.

Dalam acara tersebut Dr. Nurdin juga berkesempatan untuk menanam benih jagung ketan bersama dengan Komandan Kodim 0506 Tangerang, Kolonel Endik Hendra Sandri, yang kemudian juga secara bersama-sama melakukan panen jagung di lahan terpisah.

Endik yang baru mendapatkan kenaikan pangkat menyampaikan harapannya agar ke depan Tangerang bisa menjadi sentra penghasil jagung ketan di wilayah Jabodetabek.

Baca juga : Amarullah Serahkan Berkas Pendaftaran Ke PKB

"Upaya pangan termasuk ibadah, karena menyiapkan pangan dan pakan untuk generasi yang selanjutnya adalah kewajiban. Bisa menjadi penghasil jagung kentan terbaik. Ingat Tangerang, ingat Jagung Ketan," imbuhnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.