Dark/Light Mode

Pemkot Jaktim Pecahkan Rekor MURI Gelar Bazar Terbesar Dengan Peserta Terbanyak

Jumat, 14 Juni 2024 20:55 WIB
Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur (Jaktim) kembali meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). (Foto: Dede/RM)
Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur (Jaktim) kembali meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). (Foto: Dede/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur (Jaktim) kembali meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Jumat (14/6/2024) Pemkot Jaktim kembali tercatat sebagai penyelenggara bazar terbesar dengan peserta terbanyak. Ini kali kedua Pemkot Jaktim meraih rekor tersebut secara berturut-turut.

Kegiatan yang diinisiasi Suku Dinas (Sudin) Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jaktim ini merupakan acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta. Wali Kota Jaktim Muhammad Anwar mengatakan, bazar ini digelar serentak di 68 lokasi. Rinciannya, 65 di kelurahan dan tiga di mall dan diikuti oleh 2.166 pelaku usaha.

Baca juga : Meriahkan HUT DKI ke-497, Jakarta Timur Gelar Bazar UMKM Terbesar

“Tujuannya memperkenalkan produk kreatif UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) binaan Jakarta Entrepreneur (Jakpreneur) dan mendorong Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) serta Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI),” kata Anwar di lokasi bazar di halaman parkir Kantor Wali Kota Jaktim.

Anwar berharap, dengan kegiatan ini pelaku UMKM bangkit dan dapat mengangkat perekonomian di Jakarta. Selain itu, bazar ini juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan menciptakan akses pasar baru bagi pelaku UMKM serta meningkatkan promosi produk kreatif dalam negeri sehingga dapat meningkatkan P3DN dan Germas BBI.

Baca juga : PPI Munich Gelar Bazar Makanan Indonesia Di JermanĀ 

Pelaksanaan kegiatan ini, lanjut dia, merupakan wujud nyata peningkatan ekonomi kerakyatan, rasa cinta produk dalam negeri yang merupakan bagian dari pembinaan Pemkot Jaktim melalui Sudin PPKUKM. Anwar pun mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada para jajaran dan sponsor yang telah menyukseskan rangkain kegiatan HUT ke-497 Kota Jakarta di Jaktim yang puncaknya digelar pada 13-14 Juni 2024.

Direktur Operasional MURI Jusuf Ngadri mengatakan, bazar serentak ini merupakan perhatian dan kepedulian Pemkot Jaktim terhadap UMKM. “Bazar yang dikemas sebagai pesta rakyat diharapkan untuk mendukung produk UMKM yang merupakan hasil binaan Jakpreneur serta menggerakkan roda perekonomian masyarakat,” kata Jusuf.

Baca juga : GAPENSI Bertemu Wakil Presiden KH Maruf Amin, ARN Siap Sinergi Dengan Prabowo

Diungkap Jusuf, bazar seperti ini banyak dilakukan secara rutin oleh berbagai pihak, namun dalam rangka merayakan HUT Kota Jakarta, Pemkot Jaktim secara berturut-turut dalam dua tahun ini mencatatkan rekor MURI. “Tahun ini adalah peserta yang terbanyak. Ini adalah hasil kerja keras seluruh pihak. Dengan itu izinkan MURI mencatat sebagai Rekor Dunia. MURI akan mencatat sebagai bazar serentak dengan peserta terbanyak,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.