Dark/Light Mode

Agar Transjakarta Menjadi Andalan

Pengamat : Target 236 Rute Harus Terealisasi

Kamis, 24 Januari 2019 07:49 WIB
Bus Transjakarta masih sering kena macet. (Foto : dok transjakarta.co.id)
Bus Transjakarta masih sering kena macet. (Foto : dok transjakarta.co.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Transportasi dari Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia, Yoga Adiwinarto mengatakan, manajemen Transjakarta harus serius berbenah agar Transjakarta menjadi andalan masyarakat Ibukota. Pasalnya, banyak warga yang masih emoh pake bus ini.

Berita Terkait : Pandeglang Transisi Darurat, Lampung Selatan Peepanjang Masa Tanggap Darurat

Yang harus dilakukan adalah sterilisasi jalur. Jalur khusus yang steril adalah kunci keberhasilan operasional Transjakarta. Makanya, ketegasan dan konsistensi diperlukan. “Korban pertama ketika jalur Transjakarta dilanggar kendaraan pribadi adalah warga yang menggunakan layanan Transjakarta, yaitu warga yang berkontribusi langsung mengurangi penggunaan kendaraan pribadi,” ungkap Yoga.

Berita Terkait : Update Korban Tsunami di Banten: 236 Jenazah Teridentifikasi

Hal penting lainnya, lanjut Yoga, pembenahan rute yang saat ini mencapai 58 persen untuk area Jakarta dan sekitarnya. Tujuannya penambahan rute agar menjangkau lebih banyak wilayah di Ibukota. Target penambahan 81 rute baru itu untuk melengkapi keseluruhan menjadi 236 rute harus segera direalisasikan. Supaya target Transjakarta tercapai mengangkut hingga 231 juta penumpang pada 2019.

Berita Terkait : Menhub: Kesejahteraan Pengemudi Transportasi Online Harus Diperhatikan

“Selanjutnya adalah integrasi antar moda transportasi di Jakarta, termasuk dengan MRT dan LRT, pada masa mendatang,” tandasnya. (FAQ)