Dark/Light Mode

Belum Tanggapi Serangan Risma

Anies Urus Banjir (Lagi)

Minggu, 19 Januari 2020 07:18 WIB
Gubernur DKI JakartaAnies Baswedan meninjau kawasan yang terkena banjir di Grogol Utara, Kebayoran Lama, Sabtu (18/1). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)
Gubernur DKI JakartaAnies Baswedan meninjau kawasan yang terkena banjir di Grogol Utara, Kebayoran Lama, Sabtu (18/1). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Serangan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini soal udara Jakarta buruk belum ditanggapi Anies Baswedan. Gubernur DKI Jakarta itu masih sibuk urus banjir yang kembali mengepung Ibu Kota, kemarin pagi.

Berdasarkan pantauan di akun Twitter Ditlantas Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro, banjir terjadi di lima wilayah Jakarta. Di Jakarta Pusat, genangan terjadi di Jalan Gatot Subroto, Jalan Sudirman, di bawah Simpang Susun Semanggi. Banjir terjadi sejak pukul 06.49 WIB. Banjir juga di Jalan Pulo Gundul di Tanah Tinggi, di Jalan Raya Cikini, dan di lampu lalu lintas di dekat Hotel Melinium di Kebon Sirih. Rata-rata tinggi genangan sekitar 20 cm. Meski begitu, tak menyebabkan jalanan terputus. Masih bisa dilintasi kendaraan.

Di Jakarta Utara, banjir terjadi di wilayah Kelapa Gading, tepatnya di Jalan Boulevard Barat. Sedangkan di Jakarta Barat banjir melanda Tanjung Duren Raya, tepatnya depan kantor Pemadam Kebakaran. Lokasi lainnya di Jalan Arjuna Selatan, lalu di Jalan Pos Pengumben, dan di Simpang Slipi yang mengarah ke Slipi Jaya. Bergeser ke Jakarta Selatan, banjir terpantau di kawasan Cipulir, Kebayoran Lama.

Sementara di Jakarta Timur, banjir terjadi di depan Ramayana mengarah ke PGC Cililitan, di Jalan Sutomo, Cawang UKI. Sementara di daerah Kali Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, banjir melanda permukiman dan mengakibatkan 1300 ratus rumah menjadi terendam banjir sekitar 40 cm. Penyebabnya, tanggul Kali Angke bocor setelah hujan turun sejak dini hari.

Baca juga : Risma Mulai Berani Nyerang Anies Nih?

Serupa, puluhan rumah di Jalan Kebon Jeruk Baru, Kebon Jeruk, Jakarta Barat kembali terendam banjir. Ketinggian banjir sekitar 70 cm. Meski tak sempat mengungsi, warga mengevakuasi perabotan ke tempat yang lebih tinggi.

Banjir yang kembali melanda di daerah ini disebabkan saluran air di permukiman warga yang tak mampu menampung debit air. Saluran Kali Anak Pesanggrahan diduga mampet sehingga tak dapat mengalirkan air ke Kali Pesanggrahan.

Banjir juga terjadi di Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ketinggian air mencapai 70 cm. Setiap musim hujan, kawasan ini memang langganan banjir, termasuk pada banjir awal Januari lalu. Tak jauh berbeda, banjir juga menghampiri Komplek TVRI, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Melihat banyaknya wilayah yang kembali dilanda banjir, Anies langung turun ke lapangan. Salah satunya ia meninjau daerah Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Di sana, Anies mantau kesigapan para petugas siaga banjir. Anies tampak mengenakan jaket merah-hitam dengan celana jins. Ia didampingi para petugas dan jajarannya. Selain ke Grogol Utara, Anies dan bawahannya juga roadshow mengunjungi lokasi banjir di Duri Kepa, Kemandoran, hingga Semanggi.

Baca juga : Jepang Kembangkan Industri Perikanan Di Natuna

Anies ogah menanggapi isu lain di luar banjir Jakarta, termasuk soal tuduhan Risma bahwa udara Jakarta buruk sehingga banyak warga Jakarta pindah ke Surabaya yang udaranya lebih sejuk. Untuk banjir kali ini, Anies menegaskan, seluruh personil Pemprov DKI Jakarta sudah bergerak dengan cepat mengatasi banjir.

Ia mengklaim, banjir kali ini surut dengan cepat. "Anda bisa saksikan sendiri, seluruh sumber daya bergerak cepat. Dan sesegera mungkin tertangani di tempat," tegasnya.

"Saya ingin imbau, curah hujan akan sangat intensif, menurut BMKG sampai tanggal 22. Karena itu, sampai tanggal 22, bagi seluruh masyarakat untuk waspada, dan jajaran mesti standby," tambah Anies.

Menanggapi banjir yang kembali melanda, netizen di Twitter ramai-ramai mencibir Anies. Terutama soal ide penggunaan toa peringatan bencana Trending topik Indonesia sempat ramai hashtag #BanjirDatangToaDimana. "Pakubowono Jakarta Selatan. Suara TOA Rp 4 miliar kok belum kedengeran? TOA kemana. #BanjirDatangToaDimana," kicau akun @RizmaWidiono menautkan video singkat banjir di wilayah Pakubuwono.

Baca juga : Istri Anggota DPR Berikan Bantuan Korban Banjir Di Bekasi

Tweeps @zy_zzz mengimbau netizen tak membenturkan Anies dengan Risma. "Daasar buzzerRp ga punya otak. Membenturkan Bu Risma ma Pak Anies, mereka sama-sama orang baik. Dulu waktu Risma digadang jadi Gub DKI, Ahokers alias buzzerRp yang panas dingin, kelojotan."

BPBD Provinsi DKI Jakarta memastikan banjir di seluruh wilayah Jakarta sudah surut sejak siang kemarin. "Curah hujan yang tinggi menjadi penyebab timbulnya genangan. Namun genangan itu surut pada pukul 12.00 WIB. Tapi kami pastikan seluruh wilayah telah surut. Bahkan banyak yang sudah surut sejak pukul 7 pagi," ujar Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Subejo dalam keterangan tertulis, kemarin. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.