Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Prasetyo: Banjir Jakarta Karena Buruknya Tata Kelola Air

Selasa, 25 Februari 2020 12:50 WIB
Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka)
Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi menilai, siklus banjir mingguan yang terjadi di awal tahun ini disebabkan buruknya tata kelola air. Menurutnya, Gubernur Anies Baswedan tidak fokus dalam mengantisipasinya.

“Jangan terus menerus menyalahkan alam. Salahkan cuaca ekstrem menjadi penyebab banjir. Kalau saluran air bagus, tidak perlu ada antrian air. Manajemen air di Jakarta sangat buruk di era kepemimpinan Anies Baswedan,” kata Prasetyo di Jakarta, Selasa (25/2).

Baca juga : Bamsoet Ikut Kampanyekan Pengurangan Sampah Plastik

Politisi PDI Perjuangan ini pun meminta Anies turun langsung ke lapangan melihat situasi. Jangan hanya meninjau Pintu Air Manggarai. Sebab, terbukti pada Minggu (23/2) lalu tinggi muka air di Pintu Air Manggarai normal. Sedangkan, sebagian besar wilayah Jakarta kebanjiran.

“Ini bukti penyebab banjir bukan hanya naiknya debit air di Pintu Air Manggarai. Hujan lokal saja sekarang bisa bikin banjir. Bahkan, lokasi yang sebelumnya tidak pernah terendam kini ikut banjir,” katanya.

Baca juga : Bamsoet: Tidak Benar Virus Corona Sebabkan Kematian Mendadak

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan lebih dari 200 RW di Jakarta terdampak banjir. "Saat ini Jumlah RW terdampak masih bergerak terus, tapi di atas 200 RW yang terdampak dari 2.738 RW yang ada di Jakarta," kata Anies Baswedan di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Selasa (25/2).

Anies mengatakan Pemprov DKI Jakarta telah bekerja menangani banjir. Mereka bekerja sejak dini hari tadi. "Sejak dini hari seluruh jajaran Pemprov bekerja di lapangan untuk membantu evakuasi daerah-daerah terdampak. Kedua, membangun pos pengungsian, pos kesehatan dan pasokan kebutuhan pokok bagi seluruh masyarakat. Kita siapkan di semua tempat," sebut Anies.

Baca juga : Hujan Deras, 99 RW di Jakarta Tergenang Banjir

Polda Metro Jaya mencatat ada 42 titik di DKI Jakarta yang terendam banjir sejak pagi tadi. Sejumlah ruas jalan tergenang hingga tak bisa dilalui kendaraan. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.