Dark/Light Mode

Mulai Besok, MRT Hanya Beroperasi Dari Pukul 6 Pagi Sampai 6 Sore

Minggu, 15 Maret 2020 20:02 WIB
Para menumpang MPR (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Para menumpang MPR (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT MRT Jakarta mempersingkat jam layanan. Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin, mengatakan, pihaknya melaksanakan keputusan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, terkait layanan transportasi publik dalam rangka upaya mengurangi penyebaran Virus Corona (COVID-19) di lingkungan DKI Jakarta.

Sejalan dengan kebijakan tersebut, PT MRT Jakarta menetapkan perubahan jadwal layanan operasi MRT Jakarta mulai Senin, (16/3). Waktu operasi yang semula dimulai dari pukul 05.00-24.00 menjadi pukul 06.00-18.00 WIB. Headway keberangkatan antar kereta berubah dari setiap 5-10 menit, menjadi 20 menit. Rangkaian kereta MRT Jakarta dikurangi dari 16 rangkaian, menjadi 4 rangkaian. Meskipun jadwal layanan operasi MRT Jakarta mengalami perubahan, PT MRT Jakarta tetap menjalankan protokol pencegahan virus corona COVID-19 seperti pengecekan suhu badan dan pengadaan hand sanitizer di setiap stasiun. 

Baca juga : Mulai Besok, Kemenhub Buru Truk Odol di Pelabuhan

Upaya antisipasi penyebaran Virus Corona di lingkungan stasiun MRT Jakarta lainnya juga akan dilakukan mulai Senin, (16/3). Seluruh perlengkapan salat, seperti mukena, sajadah, dan karpet musala di setiap stasiun ditiadakan. PT MRT Jakarta menyarankan kepada seluruh penumpang MRT Jakarta untuk dapat membawa perlengkapan salat masing-masing.

“PT MRT Jakarta juga menganjurkan kepada seluruh penumpang untuk dapat menerapkan jarak sosial dalam beraktivitas sehari-hari. Terutama pada saat menggunakan MRT Jakarta,” kata Kamaluddin, dalam keterangannya Minggu (15/3).

Baca juga : Banjir, Sejumlah Bus Trans Jakarta Tak Beroperasi, Rute Dialihkan

Jarak sosial yaitu menjaga jarak dari orang lain atau menghindari kegiatan di keramaian. Sesuai dengan Protokol Pemerintah dalam penanganan virus corona COVID-19, jarak yang disarankan adalah 1 meter antar orang. Dengan dianjurkannya penerapan jarak sosial, PT MRT Jakarta menetapkan maksimal 60 penumpang per kereta atau 360 penumpang per rangkaian kereta.

Setiap anggota masyarakat juga diimbau untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar imunitas kekebalan tubuh dapat meningkat. “Mari tingkatkan personal hygiene kita dengan cuci tangan menggunakan air dan sabun, maupun hand sanitizer lima kali dalam sehari,” ucapnya. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.