Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemilihan Wagub DKI Gerindra Sarankan Digelar Secara Virtual

Minggu, 29 Maret 2020 11:22 WIB
Sandiaga Uno
Sandiaga Uno

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno menyarankan proses pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta oleh DPRD DKI, digelar secara virtual. Hal ini, untuk mencegah penyebaran virus corona yang sudah mewabah di Jabodetabek. 

“Agar mencegah penyebaran wabah corona, lebih baik gunakan virtual meeting seperti yang biasa kita lakukan,” ujar Sandiaga kepada wartawan di Jakarta. 

Sandi menjelaskan, pemilihan ala virtual berarti tidak mendatangkan pemilik suara dalam hal ini anggota DPRD ke ruang sidang. 

Baca juga : Cegah Wabah Covid-19 Meluas, Pertamina Salurkan Ribuan Bantuan

Pemilihan, bisa tetap digelar sekaligus menjaga marwah demokrasi. Namun, semua ini bisa sukses digelar jika seluruh partai politik penghuni DPRD DKI sepakat. 

Mantan wagub DKI itu menyarankan, untuk saat ini politisi DPRD DKI sebaiknya tak egois mementingkan kepentingan politik fraksi dan partainya. 

Di tengah situasi pandemi virus corona ini, katanya, keselamatan masyarakat harus diutamakan. Sadiaga mencontohkan acara Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Barat sudah dilakukan menggunakan protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19. 

Baca juga : Pimpinan KPK Rela Gajinya Disunat?

Namun ada saja ada peserta yang terkena virus corona. “Utamakan kesehatan keselamatan masyarakat termasuk anggota DPRD. Karena saya tidak ingin dengar cerita anggota DPRD DKI Jakarta terjangkit karena dipaksanakan proses pemilihannya secara manual,” katanya. 

Lebih lannjut, Sandiaga mengatakan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ini sedang membutukan sosok pendampingnya dalam menghadapi virus corona di ibu kota ini. 

Namun proses pemilihannya jangan juga dipaksakan seperti tetap hadir di Gedung DPRD. 

Baca juga : Indonesia Mau Kucurkan Duit Berapa?

“Kita tahu posisi Pak Gubernur Anies Baswedan memerlukan bantuan tandemnya, tapi tetap utamakan keselamatan dan jaga kesehatan dari wabah Korona,” pungkasnya. 

Sekadar info, DPRD DKI Jakarta sedang melakukan proses pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Legislator Ibu Kota itu akan segera menetapkan dan melantik calon yang akan duduk dikursi yang dulu dijabat oleh Sandiaga Uno sebagai pasangan Anies Baswedan. 

Diketahui, ada dua kandidat calon Wakil Gubernur DKI Jakarta. Partai Gerindra mencalonkan Ahmad Riza Patria. Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) adalah Nurmansjah Lubis. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.