Dark/Light Mode

Perangi Wabah Corona, Singapura Perpanjang Larangan Aktivitas Kaum Lansia

Jumat, 20 Maret 2020 18:59 WIB
Penerapan social distancing di supermarket di Singapura (Foto: Strait Times)
Penerapan social distancing di supermarket di Singapura (Foto: Strait Times)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Singapura memperpanjang aturan soal aktivitas lansia, hingga dua pekan ke depan, sampai 7 April mendatang. Kebijakan ini ditempuh Kementerian Kesehatan Singapura, dalam rangka memerangi wabah Corona atau Covid-19.

" lni adalah bagian dari upaya kami dalam mengawal kesehatan para lansia, di tengah wabah Covid-19," ujar Menteri Kesehatan Singapura, Gan Kim Yong seperti dikutip The Straits Times, Jumat (20/3).

Gan juga mengimbau semua penyelenggara acara yang melibatkan interaksi fisik para lansia, untuk menangguhkan kegiatannya sampai 7 April mendatang.

Baca juga : Perangi Corona, Jokowi Sudah Pesan 5 Juta Pil Avigan dan Obat Antimalaria

Hal ini merupakan bagian dari pengetatan social distancing yang diumumkan Gan, untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

"Meratakan kurva akan membantu pasien kami untuk mendapatkan perawatan terbaik. Terutama kelompok lansia, termasuk saya," ujar Gan, yang merupakan Ketua Bersama Satgas Penanganan Wabah Corona di Singapura.

"Sebagai bagian dari social distancing, kami menyarankan para lansia agar mengindari kerumunan atau pusat keramaian," tutur Gan.

Baca juga : Ada Wabah Corona, Produk Turunan Jagung Cilegon Tetap Mampu Ekspor

Ia pun mengutip pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebutkan, setiap individu atau lansia yang memiliki riwayat penyakit jantung dan diabetes berisiko terinfeksi Covid-19.

Penangguhan ini berlaku untuk semua kegiatan yang diselenggarakan oleh klub komunitas, komite warga, pusat aktivitas lansia, Crest Centres, Dewan Promosi Kesehatan dan Pusat Olahraga ActiveSG.

Kursus untuk para lansia semisal National Silver Academy (NSA) dan program sukarelawan yang dikelola oleh Council for Third Age, juga telah ditangguhkan untuk masa yang sama. Penangguhan ini telah berlaku sejak 11 Maret.

Baca juga : Minimalkan Kontak, KPK Perpanjang Batas Waktu Penyetoran LHKPN

Kaum lansia di Singapura didorong untuk tetap aktif selama periode ini, melalui kegiatan yang tidak memerlukan interaksi langsung. Tentunya dengan menggunakan platform online. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.