Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hoaks, Tol Arah Jakarta Ditutup Pada Hari Ini

Senin, 30 Maret 2020 09:00 WIB
Hoaks, Tol Arah Jakarta Ditutup Pada Hari Ini

RM.id  Rakyat Merdeka - Polda Metro Jaya memastikan tidak ada penutupan jalan di seluruh wilayah DKI Jakarta pada hari ini, Senin (30/3). Baik di jalan tol maupun jalur arteri.

Info ini disampaikan, menyusul viralnya info yang menyebut Polda Metro Jaya menutup jalur tol arah Tangerang ke Jakarta, Depok Bogor ke Jakarta, dan Bekasi ke Jakarta.

"Diinformasikan kepada seluruh warga masyarakat di DKI Jakarta dan sekitarnya bahwa tidak ada penutupan jalan untuk besok, jalanan normal seperti biasa baik tol ataupun jalur arteri," demikian bunyi pernyataan @TMCPoldaMetro, Senin (30/3).

Baca juga : Lockdown Rusuh, PM Modi Minta Maaf Pada Warga Miskin India

Sebelumnya, pada Minggu (29/3), Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, saat ini Jakarta masih sebatas menerapkan physical distancing. Tidak ada karantina wilayah atau lockdown.

Polda Metro Jaya baru menyusun skema simulasi pembatasan akses dari dan menuju Jakarta, sebagai antisipasi untuk menghalau penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Jakarta belum mengenal karantina. Tapi kalau pemerintah mau laksanakan, silakan. Tapi kita sudah latihan. Kita harus latihan dulu. Apa pun yang terjad kita sudah latihan," tutur Yusri.

Baca juga : Bandara I Gusti Ngurah Rai Ditutup 24 Jam Selama Nyepi

Hari Ini Diputuskan

Pada Minggu (29/3), Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, karantina wilayah untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangeran dan Bekasi (Jabodetabek) dalam waktu dekat akan segera dilakukan.

Budi mengaku telah menyiapkan skema sekaligus skenario yang akan diberlakukan, jika Jakarta mulai menutup akses masuk dan keluar.

Baca juga : Work From Home, Volume Kendaraan di Jakarta Menurun

Untuk memastikan hal tersebut, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini juga menjabat sebagai Menteri Perhubungan Ad Interim pada hari ini, Senin (30/3).

"Besok (hari ini, Red) ada rapat. Saya merekomendasika,  kalau bisa, Jabodetabek itu sudah dikarantina. Tapi, itu tergantung rapat dengan Pak Menko Maritim. Kami sudah siapkan skemanya saja. Jadi, kalau rapat besok sudah tidak boleh keluar, protokolnya seperti itu," ujarnya di Jakarta, Minggu (29/3). [OKT/KPJ]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.