Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bandara I Gusti Ngurah Rai Ditutup 24 Jam Selama Nyepi

Selasa, 24 Maret 2020 20:05 WIB
Bandara I Gusti NGurah Rai, Bali (Foto: Dok Bandara I Gusti Ngurah Rai)
Bandara I Gusti NGurah Rai, Bali (Foto: Dok Bandara I Gusti Ngurah Rai)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama masa perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1942/2020 Masehi yang jatuh pada Rabu (25/3), Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, akan berhenti beroperasi selama 24 jam. Dalam rentang waktu itu, bandara tidak akan melayani penerbangan, baik rute domestik maupun internasional. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Novie Riyanto, menyampaikan, penutupan operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai merupakan dukungan terhadap tradisi keagamaan. Masyarakat Hindu harus khusuk dalam beribadah. 

Baca juga : Tangani Pasien Corona, RSPI Sulianti Saroso Butuh Tambahan Tenaga Medis

“Selama masa Nyepi, operasional dan kegiatan penerbangan domestik maupun internasional dihentikan sementara. Hal ini untuk menghormati masyarakat yang melaksanakan ibadah Nyepi,” kata Novie, di Jakarta, Rabu (24/3). 

Penghentian sementara operasional bandara juga didasarkan Notice to Airmen (NOTAM) yang diterbitkan AirNav Indonesia Nomor A4678/19 NOTAMN yang berisi tentang operasional bandara tutup karena Hari Nyepi. 

Baca juga : Bebas dari Penjara, Karen Mau Kelonan Sama Suami

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV-Bali, Elfi Amir, menjelaskan, berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Pelaksanaan Hari Raya Nyepi dan Penanganan Virus Corona (Covid-19) yang berlangsung di Balai Serba Guna Desa Adat Tuban, Selasa (24/3), dihasilkan kesepakatan bahwa kegiatan Perayaan Nyepi (penutupan bandara) dari 25 Maret pukul 06.00 WITA sampai dengan 26 Maret pukul 06.00 WITA. 

Dalam perayaan Nyepi, juga akan dikurangi kegiatan di ruang publik seperti ogoh-ogoh. Terkait permasalahan Covid-19, Balai Serba Guna Desa Adat menganjurkan untuk melaksanakan upaya mandiri, untuk melakukan tindakan pencegahan seperti penyemprotan desinfektan yang nantinya akan diberikan Pemda setempat.

Baca juga : Bandara Ngurah Rai Bakal Dilengkapi LRT

“Meskipun tidak beroperasi sementara pada saat Nyepi, tim OBU IV akan melakukan koordinasi dengan komunitas bandara seperti PT Angkasa Pura I, maskapai, Kepolisian dan TNI, termasuk pecalang untuk tetap berada di area bandara. Tujuannya untuk pengamanan sekaligus turut serta menjaga prosesi Hari Raya Nyepi agar berlangsung khidmat,” ucapnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.