Dark/Light Mode

Puncak Hari Pers Nasional 2019

Jokowi: Media Mainstream Harus Jernihkan Informasi

Sabtu, 9 Februari 2019 20:39 WIB
Presiden Joko Widodo, memberi sambutan di acara puncak Hari Pers Nasional 2019 di Grans City Convention & Exhibition Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Ahmad Ali Futhuhin/Rakyat Merdeka)
Presiden Joko Widodo, memberi sambutan di acara puncak Hari Pers Nasional 2019 di Grans City Convention & Exhibition Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Ahmad Ali Futhuhin/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi  mengatakan dirinya sangat gembira. Pasalnya, media berhasil menjadi salah satu sumber referensi terpercaya dari masyarakat. Hal ini membuat menurunnya kepercayaan masyarakat kepada media sosial. Diikuti dengan peningkatan kepercayaan kepada media. 

Kata dia, di era digital sekarang informasi begitu melimpah. Setiap orang bisa menjadi wartawan dan bisa menjadi pemimpin redaksi, juga bisa menciptakan kegaduhan, membangun ketakutan, serta pesimisme. Jokowi meminta media untuk tetap menjaga kepercayaan masyarakat.

Baca juga : Ketua HPN 2019: Yang Tidak Diundang Cuma Capres

Dengan membuat berita yang berpegang teguh pada kebenaran. "Insan media arus utama justru sangat dibutuhkan untuk menjadi rumah penjernih informasi. Dibutuhkan untuk menyajikan informasi-informasi yang terverifikasi," paparnya.   

Lebih lanjut Presiden juga mengatakan bahwa peran utama media kini semakin penting antara lain dalam mengamplifikasi kebenaran dan menyingkap fakta, terutama di tengah keganasan pasca fakta dan pasca kebenaran.

Baca juga : Jokowi : Media Penting Untuk Menyikapi Fakta Dengan Benar

“Kita wajib mengatasi dampak buruk gejala pasca kebenaran dan pasca fakta itu. Media arus utama diharapkan mampu menjaga dan mempertahankan misinya untuk mencari kebenaran, misinya untuk membangun optimisme,” kata Jokowi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.