Dark/Light Mode

Puncak Hari Pers Nasional 2019

Jokowi: Media Mainstream Harus Jernihkan Informasi

Sabtu, 9 Februari 2019 20:39 WIB
Presiden Joko Widodo, memberi sambutan di acara puncak Hari Pers Nasional 2019 di Grans City Convention & Exhibition Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Ahmad Ali Futhuhin/Rakyat Merdeka)
Presiden Joko Widodo, memberi sambutan di acara puncak Hari Pers Nasional 2019 di Grans City Convention & Exhibition Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Ahmad Ali Futhuhin/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Dia menambahkan apabila pemerintah memaparkan tentang capaian pembangunan, tujuannya adalah agar masyarakat mendapatkan informasi jelas, ikut memanfaatkan capaian pembangunan yang ada, membangun optimisme, serta mengajak apa yang harus diperjuangkan bersama.

Kalau pemerintah aktif dalam membangun masyarakat yang melek informasi janganlah terburu-buru itu dianggap sebagai pencitraan atau kampanye.

Baca juga : Ketua HPN 2019: Yang Tidak Diundang Cuma Capres

"Itu adalah bagian dari upaya membentuk masyarakat yang sadar informasi. Dan saya berharap media menjadi amplifier atas informasi tentang pembangunan, termasuk kekurangan yang harus kita benahi bersama-sama,” cetusnya. 

Terakhir, Jokowi mengajak pers untuk terus meneguhkan jati dirinya sebagai sumber informasi yang akurat bagi masyarakat, mengedukasi masyarakat, dan meneguhkan jati dirinya untuk tetap melakukan kontrol sosial, serta memberikan kritik konstruktif.

Baca juga : Jokowi : Media Penting Untuk Menyikapi Fakta Dengan Benar

Selain itu, Jokowi juga menegaskan bahwa pemerintah menjamin prinsip kemerdekaan pers dan kebebasan berpendapat.  “Kebebasan yang dipandu oleh tanggung jawab moral, kebebasan yang beretika, dan kebebasan sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Pers dan Undang-Undang Penyiaran,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.