Dark/Light Mode

Tetap Terapkan PSBB, Hari Ini KRL Mulai Beroperasi Kembali

Selasa, 26 Mei 2020 06:30 WIB
Ilustrasi KRL Jabodetabek. (Foto: CommuterLine Indonesia)
Ilustrasi KRL Jabodetabek. (Foto: CommuterLine Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT KCI memastikan mulai hari ini Selasa (26/5) KRL akan kembali beroperasi melayani penumpang sesuai aturan PSBB. KRL dipastikan mulai melayani penumpang di DKI Jakarta dan sekitarnya sejak pukul 06.00 WIB.

"Mulai Selasa 26 Mei 2020, KRL akan kembali melayani pengguna sesuai jam operasional selama masa PSBB ini yaitu pukul 06.00 - 18.00 WIB," kata VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba dalam keterangannya, Selasa (26/5).

Anne mengatakan khusus daerah penyangga Ibu Kota, KRL akan mulai beroperasi sejak pukul 05.00 WIB. Dia berharap masyarakat pengguna KRL tetap mematuhi aturan PSBB di dalam kereta.

Baca juga : Dengan Terapkan Protokol Kesehatan, PHM Mulai Bor Sumur Eksplorasi PS-1X

"Jadwal pemberangkatan KA-KA pertama dari wilayah penyangga Jakarta mulai pukul 05.00 WIB. Pengguna tetap diwajibkan untuk selalu menggunakan masker, mengikuti pemeriksaan suhu tubuh dan memanfaatkan fasilitas wastafel tambahan yang ada di stasiun untuk cuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum dan sesudah naik KRL," ucapnya.

Anne juga mengimbau agar para pengguna KRL untuk tidak berbicara dan menelfon selama di dalam kereta. Hal ini untuk mengurangi resiko penyebaran Covid-19 di dalam kereta.

"Sebagai upaya tambahan untuk mencegah penyebaran Covid-19 selain protokol kesehatan dan jaga jarak, PT KCI juga mengimbau para pengguna KRL untuk tidak bicara secara langsung maupun melalui telepon genggam selama berada di dalam kereta," ujarnya.

Baca juga : Selama Libur Lebaran, KRL Hanya Beroperasi Pagi Dan Sore

Anne megingatkan penularan virus corona adalah melalui droplet atau cairan yang dapat keluar dari mulut dan hidung saat kita batuk, bersin, maupun berbicara.

Sebelumnya, PT KCI menyebut pihaknya sempat membatasi operasi KRL pada masa lebaran demi mengurangi mobilitas masyarakat.

Berdasarkan catatan pada hari kedua lebaran ada sebanyak 83.125 penumpang dan pada hari pertama ada sebanyak 60.457 penumpang. Jumlah ini diklaim menurun sekitar 90 persen dibanding lebaran tahun-tahun sebelumnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.