Dark/Light Mode

PKS Setuju Sepeda Masuk Tol, Tapi Khusus Jenis Road Bike dan Cuma Hari Minggu Pagi

Kamis, 27 Agustus 2020 13:23 WIB
Para pesepeda melintas di jalan Ibu Kota (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Para pesepeda melintas di jalan Ibu Kota (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz menyambut positif usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar sebagian jalan tol bisa digunakan untuk jalur sepeda. Hanya saja, dia meminta agar dipastikan dulu jalur sepeda itu hanya untuk jenis sepeda balap atau road bike

Baca juga : Sepeda Masuk Tol, Pengamat: Berbahaya Dan Tak Sesuai Aturan

"Kalau untuk road bike, kita ketahui bersama kecepatan sepeda balap ini bisa melaju sampai dengan 60 kilometer per jam. Hanya boleh sepeda balap. Sebab, sangat riskan apabila para pengguna sepeda standar masuk (tol) juga," kata politisi PKS ini, Kamis (27/8).

Baca juga : Perdana, Wapres Khotbah dan Pimpin Shalat Jumat di Tengah Pandemi

Setahu dia, Pemprov DKI membuat permohonan sepeda masuk tol tersebut untuk mengakomodir para pecinta sepeda balap. Jalur sepeda di ruas tol pun tak sepanjang waktu. Hanya mengakomodir trek khusus bagi pesepeda balap yang lebih aman selama 3 jam di hari Minggu pagi. 

Baca juga : Dari Italia, Kasus Virus Corona Merebak di Austria Hingga Swiss

Dia yakin, pesepeda balap akan aman saat melintas. Sebab akan ada petugas di lapangan yang mengawasi. Selain itu, jalur sepeda hanya aktif di akhir pekan. "Saya kira jam 6 sampai 9 pagi di hari Minggu, kepadatan cukup lenggang. Dan selama dijaga personel-personel dari Dishub dan aparat, akan aman dan keselamatan terjamin," pungkasnya. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.