Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Permudah Bayar PKB, Polda Metro Jaya dan Bank DKI Luncurkan Aplikasi Si Ondel

Kamis, 24 September 2020 13:47 WIB
Nasabah Bank DKI membayar pajak kendaraan bermotor dengan JakOne Mobile (Foto: Dok Bank DKI)
Nasabah Bank DKI membayar pajak kendaraan bermotor dengan JakOne Mobile (Foto: Dok Bank DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Bank DKI sebagai agregator meluncurkan aplikasi samsat online delivery alias 'Si Ondel' yang menjadi salah satu solusi kemudahan masyarakat dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di tengah pandemi. Demikian disampaikan Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (25/9).

“Si Ondel merupakan satu dari tiga aplikasi berbasis teknologi yang diluncurkan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Bank DKI dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor sebagai jawaban atas situasi masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19,” jelas Herry.

Baca juga : Anies Minta Masyarakat Tak Kendorkan Protokol Kesehatan

Herry menambahkan, dengan aplikasi ini masyarakat tidak perlu mengantre dan berkerumun untuk mengurus PKB. Sehingga mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19 melalui kontak fisik.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, untuk sementara, aplikasi 'Si Ondel' hanya bisa digunakan pengguna smartphone berbasis android. Aplikasi ini diciptakan untuk meminimalkan penyebaran virus Corona. "Si Ondel juga mendukung program pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dengan meminimalkan kontak fisik antara wajib pajak dan petugas Samsat," katanya.

Baca juga : Polda Metro Jaya Bagikan 5.000 Masker di Stasiun Tanah Abang

Si Ondel merupakan gabungan dari fitur e-samsat. Mulai dari pembayaran pajak tahunan sampai dengan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan pembayaran secara online. Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) akan dikirim ke alamat yang dituliskan wajib pajak.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan aplikasi perbankan JakOne Mobile untuk bertransaksi secara non-tunai, sebagai bentuk pencegahan dan perlindungan dari potensi penyebaran virus Covid-19. Selain untuk pembayaran pajak, tagihan, hingga donasi, JakOne Mobile dapat digunakan untuk transfer antar bank dan keperluan perbankan lainnya secara aman,” tutup Herry. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.