Dark/Light Mode

Banjir Besar Ancam Ibukota

Pemprov Kudu Gercep Siapkan Tempat Ngungsi Aman Corona

Rabu, 21 Oktober 2020 07:25 WIB
Ilustrasi banjir yang melanda wilayah Jati Padang, Jakarta Selatan, Rabu (1/1) lalu. (Foto: Rakyat Merdeka/Patra Rizky Syahputra)
Ilustrasi banjir yang melanda wilayah Jati Padang, Jakarta Selatan, Rabu (1/1) lalu. (Foto: Rakyat Merdeka/Patra Rizky Syahputra)

 Sebelumnya 
Ahli hidrologi dari Universitas Indonesia (UI), Firdaus Ali menilai, normalisasi sungai menjadi satu-satunya solusi untuk menanggulangi masalah banjir di ibukota. “Sekarang kita sudah masuk musim penghujan, untuk rekomendasi penanggulangan banjir nanti dulu,’’ sarannya, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Wuih Serem, 67 Calon Ternyata Positif Corona

Yang penting saat ini, lanjutnya, bagaimana bisa membuat para korban banjir nantinya dapat tempat yang aman dan nyaman di tengah pandemi Corona. ‘’Saya sarankan, Pemprov DKI menempatkan pengungsi di hotel karena saat ini kita tidak bisa membuat penampungan seperti sebelumnya. Protokol kesehatan harus diutamakan,” sarannya.

Baca juga : Doni Siapkan Skenario Pengungsian Ala Covid

Sebelumnya, Firdaus mengkritik konsep pencegahan banjir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. “(Anies mengatakan) melawan sunatullah kalau air dialirkan gorong-gorong ke laut. Karena yang desain gorong-gorong salah satunya saya. Dihadirkan narasi baru, naturalisasi, saya lihat rekaman YouTube, ini penyesatan,” ucap Firdaus dalam rapat bersama dengan Pansus Banjir DPRD DKI Jakarta, di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (19/10).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.