Dark/Light Mode

Top, Puskesmas Ciracas Kini Punya Ruang Bersalin Khusus Pasien Corona

Rabu, 18 November 2020 20:59 WIB
Top, Puskesmas Ciracas Kini Punya Ruang Bersalin Khusus Pasien Corona

RM.id  Rakyat Merdeka - Puskesmas Kecamatan Ciracas meresmikan ruang bersalin khusus ibu hamil terkonfirmasi Covid-19 pada Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 Tahun 2020, Rabu (18/11). 

Ruang bersalin yang diberi nama PELANGI (Pelayanan Ibu Hamil Aman Tertangani)  ini adalah bentuk upaya konkret Puskesmas Kecamatan Ciracas, dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada ibu hamil yang positif Covid-19 sebelum dibawa ke RS Rujukan.

"Seluruh tata laksana di ruang bersalin khusus Covid-19,  dilakukan sesuai dengan prosedur kasus infeksius," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Ciracas, Sunersi Handayani SKM, MKM, Rabu (18/11).

Baca juga : Puskesmas Ciracas Rutin Sosialisasi Ke Perusahaan

Selain meresmikan ruang bersalin khusus pasien Covid, Sunersi juga melakukan terobosan lain untuk mendukung kesehatan masyarakat di tengah situasi pandemi Corona. Yakni, dengan mengatur zonasi ruangan di Ruang Pelayanan Gigi.

Zona hijau untuk ruang administrasi, zona kuning untuk anamnesis pasien, dan zona merah untuk ruang pemeriksaan.

"Masing-masing dental unit dibatasi dengan bilik, untuk memastikan keamanan pelayanan bagi tiap pasien. Ruang periksa gigi ini juga bertekanan negatif, untuk memberikan pelayanan yang aman terhadap pasien," papar Sunersi, yang akrab disapa Iis.

Baca juga : Terawan: 107 Juta Orang Akan Disuntik Vaksin Covid

Pada hari yang sama, Puskesmas Ciracas juga menggela acara webinar bertajuk "Satukan Tekad Mencegah Klaster Covid-19 Menuju Indonesia Sehat".

Acara yang ditujukan untuk mencegah peningkatan jumlah kasus dalam klaster perkantoran, yang pada akhirnya akan bermuara ke klaster keluarga ini menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta.

"Ini adalah bentuk dukungan dan respon kami terhadap situasi pandemi Covid saat ini. Kami berharap, kegiatan ini dapat mengingatkan masyarakat untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir)," pungkas Iis. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.