Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HSP 2020, Menpora Minta Pemuda Bersatu Bangkit Hadapi Ujian Corona

Rabu, 28 Oktober 2020 17:43 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora RI Zainudin Amali berharap seluruh pemuda Indonesia menjadi contoh terdepan merajut persatuan demi kebangkitan bersama dari situasi ujian pandemi Covid-19. 

Hal ini disampaikan Menpora pada acara Coffee Break TVOne, tepat di peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-92, Rabu (28/10).

Menurut Zainudin Amali, ada semangat yang sama ketika 92 tahun lalu para pemuda yang berada dalam berbagai organisasi kepemudaan seluruh Nusantara berkumpul memperjuangkan kemerdekaan bangsa dengan melahirkan sejarah monumental Sumpah Pemuda.

Baca juga : Satu Tahun Kerja, Mentan Minta Pertajam Program Yang Sudah Berjalan

Kini situasi berbeda, tidak lagi melawan penjajah tetapi situasi Pandemi Covid-19 yang hampir-hampir memenjarakan seluruh sendi kehidupan memerlukan semangat bersama untuk segera keluar menuju kenormalan kembali.

"Ada satu hal yang tidak boleh kita lupakan bahwa semangat 92 tahun yang lalu dimana ingin membebaskan diri dari penjajah, maka semangat yang sama harus masih ada pada pemuda kita namun dalam nuansa berbeda, saatnya bersatu bersama seluruh elemen masyarakat untuk segera keluar dari situasi pandemi," kata Menpora dalam pernyataan tertulisnya.

Menpora RI juga menjelaskan tema HSP ke-92 kali ini sangat relevan sebagaimana tercermin dalam logo yang menarik dan sudah tersebar melalui berbagai media. Angka 92 dan perpaduan warna beragam mengandung makna keberagaman Indonesia pada agama, suku, ras, dan bahasa.

Baca juga : Bamsoet Minta ICMI Muda Sebarkan Semangat Nasionalisme

Warna biru dan hijau melambangkan kekayaan sumber alam lautan dan hutan, serta 92 yang membentuk dua insan saling terhubung menggambarkan semangat persatuan pemuda Indonesia yang aktif mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Secara detail masih banyak penjelasan tentang logo HSP kali ini "Logo dibuat sangat menarik penuh makna, dan tema sangat relevan, Bersatu Untuk Bangkit," jelasnya.

Adapun pesan untuk para pemuda Indonesia yang sekarang ini dalam struktur penduduk sekitar 24% lebih, harus disadari merupakan potensi yang sangat luar biasa.

Potensi ini saatnya untuk bergerak bersama seluruh elemen masyarakat dan terus membantu pemerintah agar situasi sesulit apapun segera berakhir.

Baca juga : Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Bamsoet: Ini Adalah Era Kolaborasi

"Pemuda harus menjadi yang terdepan memberikan contoh kepada masyarakat memberikan narasi-narasi positif dan membangkitkan rasa optimisme di tengah-tengah masyarakat," pesannya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.