Dark/Light Mode

Hadapi Banjir Sampah

Pemprov DKI Siagakan 5.000 Petugas

Rabu, 3 Februari 2021 08:38 WIB
Hadapi Banjir Sampah
Hadapi Banjir Sampah

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiagakan 5.000 petugas untuk mengangkat sampah yang ikut hanyut di sungai saat hujan deras. Petugas tersebut berjaga 24 jam di 10 titik aliran sangai di Jakarta.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin mengatakan, personel tersebut berasal dari petugas Badan Air dan Suku Dinas Lingkungan Hidup di masing-masing wilayah di ibukota.

Baca juga : Pemprov DKI Bakal Gelar Operasi Pasar

“Kami sudah melakukan petakan, ada 10 titik di Sungai Ciliwung, aliran Pesanggrahan Angke, dan aliran Kali Sunter yang menjadi fokus perhatian,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Dijelaskan Syaripudin, pihaknya juga mensiagakan 44 mobil pick up untuk mengangkut sampah, 50 truk, 5 ekskavator jenis spider, 6 ekskavator long arm, dan 20 ekskavator jenis biasa.

Baca juga : Hadapi Tekanan, Kredit BNI Catat Pertumbuhan 5,3 Persen

“Jika perlukan armada pelayanan rutin dari daerah lain juga dapat dimobilisasi ke daerah terdampak. Target kita penanganan cepat sesuai arahan Pak Gubernur,” sambungnya.

Dinas Lingkungan Hidup memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) penanganan sampah di musim hujan. SOP dilakukan berdasarkan perkembangan kondisi hasil pemantauan dari tim satgas, Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), CRM atau info lainnya terkait kenaikan Tinggi Muka Air (TMA) Katulampa, curah hujan yang tinggi dan rob.

Baca juga : Tangani Banjir Kalsel, KLHK Siapkan Perpres Penertiban Tambang Nakal

“SOP dibagi menjadi empat mode. Yaitu, mode normal, mode awas, mode tergenang, dan mode rehabilitasi. Kami pastikan sistem penanganan sampah berjalan efektif,” imbuh Syaripudin.

Sekretaris Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta, Dudi Gardesi mengatakan, Pemprov sudah memiliki lima program untuk menghadapi banjir di musim penghujan ini. Yakni, program grebek lumpur, pemeliharaan pompa, sumur resapan atau drainase vertikal, penanganan banjir rob dengan membuat tanggul atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), serta sistem folder.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.