Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Masuk 21 Heroes 2021, Anies Tak Sombongkan Diri

Jumat, 5 Februari 2021 14:40 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinobatkan sebagai salah satu “pahlawan” dalam 21 Heroes 2021 oleh lembaga internasional Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI). Anies bersama 20 orang lainnya, termasuk CEO SpaceX dan Arsitek Produksi Tesla, Elon Musk; dan Wali Kota Paris, Anne Hidalgo, terpilih karena keberhasilan mewujudkan transformasi mobilitas kota yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup seluruh warga.

Hasil ini tak membuat Anies menyombongkan diri. Dia menyatakan, pencapaian dalam 21 Heroes 2021 merupakan hasil kerja bersama seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta sekaligus juga kolaborasi dengan berbagai pihak. Perencanaan sistem transformasi transportasi di Jakarta merupakan bentuk partisipasi publik yang dikerjakan dengan baik oleh Pemerintah Daerah.

Baca juga : Parpol Baru Dianggap Sulit Bersaing Di 2024, Ini Tanggapan Partai Gelora

“Pencapaian ini adalah hasil kolaborasi dengan berbagai pihak. Kami dari awal membuka kesempatan seluas-luasnya bagi publik untuk terlibat dalam perencanaan pembangunan sistem transportasi,” ucap Anies, Jumat (5/2), seperti dikutip beritajakarta.id.

Penghargaan 21 Heroes 2021 adalah ajang untuk menghormati pihak yang mencapai kesuksesan transportasi pada 2020. Menurut TUMI, selama kepemimpinan Anies, Jakarta mengalami peningkatan signifikan dalam segi transportasi umum massal, bahkan selama pandemi Covid-19. 

Baca juga : Meski Pilgub DKI 2024, Anies Diyakini Tak Akan Kehilangan Panggung

Anies dinilai telah berhasil mentransformasi sistem angkutan umum massal yang nyaman dan inklusif untuk semua. Salah satunya adalah integrasi Bus Rapid Transit yang diaplikasikan ke dalam sistem JakLingko. Anies juga mengintegrasikan halte dengan stasiun commuter maupun Moda Raya Terpadu (MRT) sekaligus melihat peluang adanya pengembangan peluncuran bus listrik untuk operasional transportasi umum massal.

Selain itu, Anies juga telah berhasil mengubah paradigma prioritas fasilitas pendukung transportasi. Pejalan kaki menjadi prioritas pembangunan, selanjutnya kendaraan bebas emisi (sepeda), transportasi umum massal, dan terakhir kendaraan pribadi. Paradigma tersebut membuat Pemprov DKI gencar melakukan improvement dalam revitalisasi trotoar dan pembuatan 63 kilometer jalur sepeda. Bahkan, berkat transformasi tersebut Pemprov DKI juga telah diganjar STA Award 2020. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.