Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gerak BS, IMI, Relawan 4 Pilar, Pemuda Pancasila Gotong Royong Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir

Senin, 22 Februari 2021 21:20 WIB
Penyerahan bantuan untuk korban banjir yang dilakukan Gerak BS, IMI, dan Relawan 4 Pilar. (Foto: Istimewa)
Penyerahan bantuan untuk korban banjir yang dilakukan Gerak BS, IMI, dan Relawan 4 Pilar. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi langkah Ketua Umum Gerak BS Aroem Alzier dan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta Anondo Eko bersama Relawan 4 Pilar, Pemuda Pancasila, komunitas otomotif Moto Ladies, Srikandi Garda Ojek Online, dan Team Rescue IMI, menyalurkan berbagai bantuan sosial kemanusiaan untuk korban banjir di DKI Jakarta. Penyaluran bantuan dilakukan di dua titik, di Puskesmas Rawajati, Jakarta Selatan, dan di Posko Banjir Pemuda Pancasila Ranting Pondok Pindang, Jakarta Selatan. 

Total bantuan yang disalurkan antara lain 500 kilogram beras, 100 dus air mineral, 100 dus susu, 100 selimut, 50 pack popok bayi, dan 150 alas tidur. Bamsoet, sapaan akrab Bambang, berharap, bantuan ini bisa mengurangi beban yang ditanggung warga dalam menghadapi musibah banjir. 

Baca juga : Sabam Sirait Ajak Semua Pihak Saling Bantu Tanggulangi Banjir

“Mereka tak sendirian menghadapi musibah ini. Masih banyak saudara sebangsa yang menaruh kepedulian, serta mendoakan dan berusaha agar musibah banjir segera teratasi dan tak terulang di kemudian hari," ujar Bamsoet, di Jakarta, Senin (22/2).

Ketua DPR ke-20 ini mengingatkan warga untuk tetap mengantisipasi potensi curah hujan tinggi akibat cuaca ekstrem. Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi selama puncak periode musim hujan yang berlangsung hingga awal Maret 2021.

Baca juga : Ketum Persit Kartika Chandra Kirana Tebar Bansos Untuk Korban Banjir Karawang

"Menurut Pemprov DKI Jakarta dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, hingga Minggu (21/2) pagi masih ada 153 wilayah rukun tetangga di Jakarta yang tergenang. Sebanyak 1.361 warga mengungsi di berbagai titik pengungsian. Siapa pun pasti tak ingin terkena musibah. Karenanya, agar tak terulang kembali, butuh gotong royong dari pemerintah pusat hingga daerah dan didukung masyarakat untuk mulai mengantisipasi berbagai penyebab terjadinya banjir," pesan Bamsoet.

Ketua Umum IMI ini menjelaskan, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) di bawah Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR harus terus mempercepat normalisasi sungai. Didukung Pemprov DKI Jakarta yang membenahi daerah aliran sungai (DAS).

Baca juga : DKM Masjid Al Aqsha Delatinos Bangun Huntara Korban Banjir Kalsel

"Masyarakat juga harus mendukung dengan tidak mendirikan bangunan liar di sepanjang DAS. Serta tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, yang tidak kalah penting juga pemerintah provinsi dan pusat harus bersinergi memperbaiki tata ruang dan wilayah Ibu Kota. Jangan sampai karena mismanagement, rakyat yang menjadi korban," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.