Dark/Light Mode

Ibu Kota Diguyur Hujan, Sejumlah Lokasi Terendam

Pemukiman Dekat Kali Krukut Banjir Seperut

Minggu, 23 Mei 2021 06:30 WIB
Permukiman di Petogogan Kebayoran Baru terendam banjir pada Jumat (21/5/2021). (Foto: TribunJakarta)
Permukiman di Petogogan Kebayoran Baru terendam banjir pada Jumat (21/5/2021). (Foto: TribunJakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ancaman banjir di Ibu Kota seakan tidak mengenal waktu. Meskipun bukan musim hujan, sejumlah lokasi terendam banjir saat hujan deras mengguyur Jakarta, pada Jumat (21/05).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, banjir merendam enam rukun tetangga (RT) usai hujan lebat tersebut.

“Informasi genangan ada di 6 RT atau 0,02 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, M. Insyaf dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : Diguyur Hujan Deras Dan Es, Kota Makkah Banjir Setinggi Mobil Sedan

Insyaf memaparkan, satu RT di Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta Selatan tergenang air setinggi 40 centimeter (cm). Selanjutnya, dua RT Kelurahan Bangka dengan ketinggian air 40 hingga 100 cm. Terakhir, banjir di tiga RT Kelurahan Cilandak Timur dengan tinggi air bervariasi antara 50 hingga 100 cm.

Banjir di Ibu Kota ternyata juga terjadi bukan hanya di 6 RT itu. Permukiman di Petogogan, Kebayoran Baru juga terendam. Sejumlah RW di Kelurahan Petogogan kebanjiran. Paling parah terjadi di lingkungan RW 003.

Warga RW 003, Ika menceritakan, banjir terjadi pukul 17.00 WIB saat hujan deras turun. Penyebabnya, Kali Krukut tak mampu menampung sehingga meluap ke permukiman.

Baca juga : BMKG: Di Sejumlah Daerah Ini Diperkirakan Bakal Hujan Lebat

“Awalnya banjir seperut, jelang malam mulai surut,” kata Ika, Jumat (21/5) malam.

Di RW ini, banjir mencapai tinggi 70 cm. Situasi semakin parah karena tanggul di belakang SMA Tarakanita 1 jebol. Warga harus menerjang banjir menuju rumah mereka. Sebagian yang lain memindahkan barang dari lantai bawah menuju lantai atas. Menjelang pukul 10 malam, air mulai surut.

Berdasarkan catatan, banjir kerap terjadi di Kelurahan ini ada di RW 001, RW 002 dan RW 003. Perkampungan ini memang kerap terendam banjir setiap dilanda hujan lebat. Sebab lokasi di sepanjang Kali Krukut yang kian menyempit. Sebelumnya, banjir juga melanda Kelurahan Petogogan akibat hujan deras pada Senin (17/5) malam lalu. Air mulai merendam jalan dan gang di kawasan itu tengah malam.

Baca juga : Daerah Penyangga Ikuti Jejak Sukses DKI Dong...

Hujan itu juga membuat jalan terendam. Seperti di Jalan RS. Fatmawati. Selepas Magrib, sejumlah mobil nampak beru­saha melintasi air yang sudah setinggi setengah ban. Serupa, Jalan Raya Kemang, Jakarta Selatan, juga tergenang air lumayan tinggi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.