Dark/Light Mode

Daerahnya Kebanjiran, Warga Cililitan Ngungsi Ke Pinggir Jalan

Jumat, 26 April 2019 11:35 WIB
Tim SAR melakukan evaluasi terhadap warga Rt 01, RW 03, Cililitan. (Foto: Antaranews.com)
Tim SAR melakukan evaluasi terhadap warga Rt 01, RW 03, Cililitan. (Foto: Antaranews.com)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banjir setinggi 2,5-3 meter merendam RT 01, RW 06, Kelurahan Cililitan, Jakarta Timur, sejak pukul 5 pagi tadi. Warga sekitar pun terpaksa mengungsi.

Seperti dilaporkan Antara, sebagian warga RT 01, RW 03 mulai meninggalkan rumah pada pukul 6 setelah memindahkan perabotan ke lantai dua. Beberapa dari mereka baru naik pukul 8 pagi, setelah dijemput tim SAR dengan perahu karet.

Baca juga : Alami Kekerasan dan Kecelakaan, 2 Pengawas Pemilu di NTT Meninggal

Mia, warga setempat mengatakan, air setinggi pinggang orang dewasa memasuki rumahnya pada pukul 5. Tiga jam kemudian, air naik lagi hingga nyaris menyentuh lantai dua.

Mia dan tiga orang anaknya dievakuasi tim SAR pada pukul 8 dan mengungsi di pinggir jalan. "Ini yang terparah di 2019. Dulu pernah kaya gini tahun lalu, beberapa bulan (banjir) tidak setinggi ini. Semoga cepet surut," kata Mia.

Baca juga : Luna Maya Pelesiran Bareng Calon Adik Ipar Ke LA

Ia berharap, Pemerintah segera menyediakan lahan kosong untuk pengungsian agar korban banjir tidak berkerumun di pinggir jalan. Sebab, hal itu menyebabkan kemacetan sepanjang satu kilometer di Jalan Cililitan-Condet.

Banjir merendam sebagian wilayah Jakarta pada Jumat dini hari karena air Sungai Ciliwung meluap sejak Kamis malam. Kepala UPT Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta M Ridwan mengatakan, luapan air Sungai Ciliwung melewati 13 wilayah, di antaranya Srengseng Sawah, Rawajati, Pengadegan, Cikoko, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Bidara Cina, Kampung Melayu dan Manggarai. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.