Dark/Light Mode

RSUD Terisi 97 Persen

Pemkot Tengerang Tutup Bioskop Hingga Batasi Tahlilan

Kamis, 17 Juni 2021 21:12 WIB
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. (Foto: Ist)
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Dinas Kesehatan Kota Tangerang menyatakan, rata-rata ada 60 orang terinfeksi Covid-19 per harinya usai libur Lebaran. Padahal sebelum mudik Lebaran, hanya ada belasan orang yang terinfeksi Covid-19 perharinya, paling banyak 20 orang.

"Tren harian di angka sekitar 60," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (17/6).

Tingkat keterisian tempat tidur isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang, Banten pun telah mencapai 97,38 persen. Dari 156 tempat tidur pasien Covid-19 kini sudah terpakai 141 ranjang.

Baca juga : Tenang, Virus Corona Varian India Masih Dapat Ditangkal

"Saat ini kasus Covid-19 sedang tinggi-tingginya," kata Direktur RSUD Kota Tangerang dr Dini Anggraeni dalam keterangannya, Kamis (17/6).

Dipaparkanya, dari 1 hingga 10 Juni, jumlah pasien Covid-19 di RSUD Kota Tangerang masih di angka 10 hingga 16 pasien per hari. Namun setelah lonjakan terus terjadi, saat ini rata-rata 25 hingga 31 pasien baru masuk setiap harinya.

"Pasien yang masuk berbanding jauh dengan pasien yang keluar. Sehingga, kepadatan pasien Covid-19 di RSUD Kota Tangerang pun saat ini terjadi," katanya.

Baca juga : Jokowi Happy, Kereta Cepat Bisa Diuji Coba Tahun Depan

Padahal, kata Dini, RSUD Kota Tangerang telah menambah ketersediaan tempat tidur dua kali lipat. Kini totalnya 156 tempat tidur. Pasien yang dirawat di rumah sakit itu merupakan pasien dengan gejala sedang hingga berat. Kebanyakan pasien berusia 18 tahun ke atas dan lansia.

"Mayoritas alami kesulitan bernafas tanpa bantuan oksigen, mulai dari ringan hingga berat dengan saturasi oksigen yang rendah. Empat dokter paru dan lima dokter spesialis dalam, RSUD Kota Tangerang terus berusaha memberikan pelayanan semaksimal mungkin," tegasnya.

Soal tempat isolasi, Wali Kota Arief menegaskan, Pemkot Tangerang, akan menambah rumah isolasi terkonsentrasi (RIT) sebagai tempat isolasi mandiri seiring penambahan kasus yang tajam sepekan ini.

Baca juga : Airlangga Girang Kasus Corona Berhasil Ditekan

"Kita sudah cek kesiapannya sebagai tempat isolasi pasien positif. Rumah Perlindungan Sosial Dinas Sosial akan dipersiapkan sebagai lokasi tambahan," ujar Arief. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.