Dark/Light Mode

Anies: Bulan Ini, Banyak Pasien Gejala Sedang, Saturasi Di Bawah 90 Persen

Kamis, 24 Juni 2021 22:36 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau tenda darurat Covid-19 di depan RSUD Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (24/6) malam. (Foto: Instagram)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau tenda darurat Covid-19 di depan RSUD Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (24/6) malam. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan inspeksi ke beberapa Posko PPKM Mikro yang ada di 267 kelurahan se-Jakarta. Posko dijaga selama 24 jam oleh empat pilar kesehatan wilayah yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kelurahan, dan Puskesmas.

Anies bilang, setiap Posko PPKM Mikro terus memantau kondisi wabah Covid-19 di wilayahnya. Berapa yang terpapar, yang dirawat, di mana rumahnya, kondisinya, dan berapa yang sudah divaksinasi. Termasuk juga, memobilisasi warga untuk vaksinasi.

Baca juga : 100 Hari Jelang PON, Menpora Pastikan Semua Sesuai Perencanaan

"Bila kita bergejala, silakan datang ke posko tersebut. Bagi yang isolasi mandiri, posko akan bantu kebutuhan obat sampai pangan," kata Anies via laman Instagram-nya, Kamis (24/6). 

Malam ini, Anies melakukan inspeksi tenda darurat yang dipasang di halaman RSUD Kramat Jati. "Beberapa RS kita sudah penuh, bahkan lobinya difungsikan sebagai tempat rawat inap. Maka, kami siapkan tenda-tenda di RSUD," ujarnya.

Baca juga : Duarrr, Rekor Positivity Rate PCR Meledak Di Angka 45,53 Persen

Saat ini, Pemprov DKI telah menambah kapasitas RS Covid-19. Dari semula 103, sekarang jadi 140 dari total 193 rumah sakit di Jakarta. Dari 32 RSUD, ada 13 yang menjadi RS khusus Covid-19, seperti RSUD Kramat Jati. Di 19 RSUD lainnya, 60 persen kapasitas itu disiapkan untuk Covid-19, 40 persen untuk penyakit lain.

"Menambah tenda / tempat tidur memang mudah, tapi menambah tenaga kesehatan tidak gampang. Tak bisa secepat penambahan kasus Covid-19 ini. Kalau jumlah pasiennya bertambah terus, kita akan kerepotan," tutur Anies.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.