Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menhub Targetkan Pergerakan Bandara Purbalingga Di Atas 80 Persen

Jumat, 11 Juni 2021 17:33 WIB
Kemenhub BKS (tengah) bersama Gubeenur Jateng Ganjar Pranowo (kiri) mendampingi Presiden Jokowi meninjau Bandara di Purbalingga. (Foto: Kemenhub)
Kemenhub BKS (tengah) bersama Gubeenur Jateng Ganjar Pranowo (kiri) mendampingi Presiden Jokowi meninjau Bandara di Purbalingga. (Foto: Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendorong seluruh stakeholder untuk meningkatkan pergerakan di Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga, Jawa Tengah.

BKS-sapaan akrabnya menargetkan paling tidak pergerakannya bisa diatas 80 persen. Agar pergerakan ekonomi yang dinginkan bisa terjadi.

"Saya minta Ditjen Perhubungan Udara, AP II, maskapai, dan Pemda berkoordinasi intensif untuk terus berupaya meningkatkan pergerakan pesawat dan penumpang di bandara ini. Paling tidak di atas 80 persen. Misalnya, dengan membuka penerbangan di hari Jumat, Senin, dan Minggu untuk menarik masyarakat yang akan berlibur ke Purbalingga," ujarnya saat mendampingi Presiden Jokowi meninjau Bandara Jenderal Besar Soedirman, Jumat (10/6).

Baca juga : Hari Ini, Presiden Tinjau Bandara Soedirman Hingga Vaksin Di Jateng

Eks Dirut Angkasa Pura ll ini juga mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan selama ini. Hasilnya bandara bisa dipercepat operasinya. Menhub menjelaskan, pembangunan bandara tersebut merupakan inisiatif dari Presiden Jokowi sejak 2016 yang pembangunannya sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Namun, berkat kolaborasi antar pemangku kepentingan dapat menemukan solusi yang baik.

"Saya berkomunikasi dengan Gubernur Jateng dan Bupati Purbalingga untuk mencari jalan keluar. Akhirnya, kami menemukan suatu format untuk membangun terminal penumpang sementara yang dibiayai oleh APBD. Sehingga bandara ini dapat beroperasi,” katanya.

Baca juga : Menhub Klaim Pergerakan Logistik Nasional 7 Persen

Ia menuturkan, pola-pola kolaborasi seperti itu yang diinginkan oleh Presiden Jokowi dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur transportasi.

Menhub mengharapkan pola yang sudah cepat ini dapat diterapkan pada bandara lainnya yang telah memiliki landasan pacu, namun belum memiliki banyak pergerakan.

Menhub juga mengapresiasi maskapai Citilink yang telah melayani penerbangan dari dan ke Bandara Jenderal Besar Soedirman.

Baca juga : Bank Wakaf Mikro Ciptakan Pengusaha Baru Di Lingkungan Pesantren

Citilink saat ini melayani dua penerbangan dalam seminggu pada hari Kamis dan Sabtu, dengan rute perjalanan Halim-Purbalingga-Halim dan Surabaya-Purbalingga-Surabaya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.