Dark/Light Mode

Kebobolan Rp 50 Juta, Nasabah Citibank Lapor Polda Metro Jaya

Kamis, 9 Mei 2019 11:29 WIB
Kebobolan Rp 50 Juta, Nasabah Citibank Lapor Polda Metro Jaya

RM.id  Rakyat Merdeka - Nasabah Citibank, Natalia Santi menjadi korban penipuan. Kartu kreditnya kebobolan Rp 50 juta. Berawal dari telepon masuk, mengaku orang Telkomsel.

Mba Nat, dia disapa, bermaksud medatangi kepolisian setelah mengumpulkan barang bukti berupa rekening koran. Mantan wartawan CNN dan Tempo itu bakal melaporkan kasusnya ke Polda Metro Jaya hari ini, Kamis, 9 Mei 2019.

"Saya telah melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Jatinegara (pada Rabu, 8 Mei 2019). Polisi di sana, menyarankan untuk ke Polda Metro Jaya," ujar Natalia dalam pesan pendek kepada RMCO.id.

Baca juga : Gamelan Tampil Di Perpustakaan Kantor PBB Jenewa

Kejadiannya berawal ketika Natalia menerima telepon dari pria tak dikenal pada pukul 13.00 WIB kemarin. Menurutnya, seseorang itu mengaku dari Telkomsel. Pria itu menyebut, poin Telkomsel Natalia dapat ditukar dengan bebas tagihan selama tiga bulan. Poin itu berjumlah 3.200. Adapun salah satu syarat menukarkan Telkomsel poin adalah memverifikasi nomor kartu kredit.

Menurut Natalia, pria itu secara meyakinkan memintanya menyebutkan nomor rekening dan one time password (OTP) untuk menghindari dobel debet.

Natalia sadar tertipu setelah menemukan sejumlah notifikasi melalui pesan pendek. Dia kemudian mengecek transaksi itu melalui call center Citibank dan mendapati ada pembobolan sejumlah uang dengan total sebanyak Rp 50 juta.

Baca juga : Pedagang Pasar Saweran Danai Kampanye Jokowi

Transaksi itu berupa transfer dari Ready Credit sebesar Rp 25 juta ke nomor rekening atas nama pelaku. Selain itu, terdapat sepuluh kali transaksi Blibli.com masing-masing sebesar Rp 1 juta dan Elevania sebanyak delapan kali masing-masing Rp 995.300.

Natalia menduga transaksi dilakukan secara gampang lantaran pelaku mengubah nomor teleponnya yang terdaftar dengan nomor pelaku. Karena itu, pelaku secara gampang dapat memverifikasi transaksi.[MEL]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.