Dark/Light Mode

Gamelan Tampil Di Perpustakaan Kantor PBB Jenewa

Kamis, 11 April 2019 07:32 WIB
Perutusan Tetap Republik Indonesia di Jenewa menyelenggarakan lokakarya gamelan di Perpustakaan Kantor PBB. (PTRI Jenewa)
Perutusan Tetap Republik Indonesia di Jenewa menyelenggarakan lokakarya gamelan di Perpustakaan Kantor PBB. (PTRI Jenewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia menggelar lokakarya gamelan di Perpustakaan Kantor PBB di Jenewa. Temanya berjudul ´The Gamelan: A Collaborative Musical Workshop.

Sekitar 70 peserta, yang terdiri dari staf Kantor PBB, pejabat diplomatik, serta para murid sekolah musik di Jenewa, menghadiri lokakarya gamelan. Lokakarya berlangsung 5 April selama tiga jam.

Baca juga : Dua Jempol Untuk Pencopotan Kepala Rutan Jambe

Terbagi atas dua sesi di mana 30 peserta berkesempatan memainkan gamelan secara. Peserta juga berkesempatan mencicipi kudapan khas Indonesia seperti klepon, arem-arem, dan risoles.

“Gamelan bukan hanya merupakan sebuah bentuk seni tradisional, namun secara lebih mendasar lagi, mencerminkan filosofi bangsa Indonesia yang terkait dengan semangat perdamaian, harmoni dan toleransi dalam persatuan,” kata Wakil Tetap RI di Jenewa, Duta Besar Hasan Kleib, dalam sambutannya pada pembukaan lokakarya, dilansir KBRI.

Baca juga : Peluang Bisnis Di Ethiopia, Ini Kiat Bagi Investor Indonesia

"Makna kerja sama dan harmoni yang dihasilkan dalam musik Gamelan juga mencerminkan semangat kerja sama multilateralisme yang Indonesia majukan di forum PBB dan Organisasi Internasional lainnya," imbuhnya.

Para pemain gamelan harus saling mendengarkan dan bertoleransi antar mereka untuk menciptakan suatu harmoni yang diharapkan. Tanpa kerja sama antar-instrumen atau antar-negara, maka PBB tidak akan berhasil menangani persoalan global dan harmoni hubungan antar-bangsa sebagaimana mandat Piagam PBB.

Baca juga : Lawan Wakil Filipina, Persija Fokus Bertahan dan Menyerang

Lokakarya gamelan ini diselenggarakan atas kerja sama antara Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) Jenewa dengan Perpustakaan Kantor PBB di Jenewa, serta sekolah musik Un, Deux, Trois, Musiques di Sion, serta Université de Genève dan Haute École de Musique de Genève di Jenewa.

Sementara Direktur Perpustakaan Kantor PBB di Jenewa, Francesco Pisano, dalam kata pembukaannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerja sama dengan PTRI Jenewa. Dia menambahkan, lokakarya gamelan ini merupakan kolaborasi pertama program Knowledge and Learning Commons Perpustakaan Kantor PBB di Jenewa dengan Perutusan Tetap asing untuk PBB di Jenewa, Swiss. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.