Dark/Light Mode

Hari Pertama Berjalan Lancar

Orangtua Happy Sekolah Gelar Belajar Tatap Muka

Selasa, 31 Agustus 2021 06:45 WIB
Murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03, Cipulir, Jakarta Selatan, mengikuti uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Senin (30/8/2021). Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta melakukan uji coba PTM terbatas tahap pertama di 610 sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03, Cipulir, Jakarta Selatan, mengikuti uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Senin (30/8/2021). Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta melakukan uji coba PTM terbatas tahap pertama di 610 sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

 Sebelumnya 
Dia menargetkan sebanyak 1.500 sekolah dapat melakukan PTM pada September 2021. Sehingga pada awal tahun depan, PTM akan dilakukan secara full di seluruh sekolah di Ibu Kota.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana menyampaikan, prokes harus diterapkan selama PTM dengan kapasitas 50 persen pada setiap satuan pendidikan. Kecuali, untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) maksimal 5 peserta didik per kelas, dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter. Pelaksanaannya pun menerapkan protokol kesehatan yang ketat, karena untuk PAUD dan SLB masih sangat membutuhkan pendampingan dari orangtua.

Baca juga : Hore, Jakarta Mulai Sekolah Tatap Muka

Selanjutnya, seluruh pendidik dan tenaga kependidikan wajib sudah vaksinasi lengkap. Adapun capaian vaksinasi tenaga pendidik DKI Jakarta berjumlah 85,15 persen, sedangkan untuk peserta didik berjumlah 94,03 persen. Apabila warga sekolah terindikasi terpapar Covid-19, satuan pendidikan tersebut ditutup selama tiga hari dan pembelajaran dilaksanakan secara daring.

Satgas Covid-19 di sekolah akan melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kelurahan. Selain itu, berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan terdekat untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Termasuk melakukan tracing kepada warga sekolah yang kontak erat.

Baca juga : Orangtua Girang Sekolah Di DKI Akan Dibuka Lagi

“Orangtua siswa atau wali peserta didik tetap dapat memilih PTM terbatas atau pembelajaran secara daring bagi anaknya,” sebutnya.

PTM terbatas akan berjalan beberapa tahap. Tahap pembukaan dimulai dari masa transisi yang akan berlangsung selama dua bulan sejak dimulainya kembali belajar tatap muka pada 30 Agustus 2021. Setelah masa transisi akan dilanjutkan ke masa kebiasaan baru apabila kasus Covid-19 terus menurun dan DKI Jakarta masuk ke dalam zona hijau.

Baca juga : Bahagia Itu Ketika Anak Mulai Sekolah Tatap Muka

Metode yang akan digunakan merupakan blended learning atau pembelajaran campuran dengan perpaduan tatap muka dan belajar jarak jauh. Kurikulum yang digunakan merupakan materi pembelajaran esensial yang dipilih melalui gugus sekolah.

Untuk waktu pembelajaran sekolah tatap muka setiap jenjang berbeda-beda. SMA/SMK sederajat maksimal 35 menit yang dilakukan lima kali atau 175 menit dalam seminggu. SMP sederajat maksimal 35 menit yang dilakukan 4 kali atau 140 menit dalam seminggu. SD sederajat maksimal 35 menit yang dilakukan tiga kali atau 150 menit dalam seminggu. PAUD maksimal 30 menit yang dilakukan dua kali atau 60 menit dalam seminggu. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.