Dewan Pers

Dark/Light Mode

Targetkan 3 Juta Orang

Kapolri Launching Gerakan Vaksin Merdeka

Minggu, 1 Agustus 2021 15:21 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan launching program Vaksinasi Merdeka di Polda Metro Jaya, Minggu (1/8). (Foto: Divisi Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan launching program Vaksinasi Merdeka di Polda Metro Jaya, Minggu (1/8). (Foto: Divisi Humas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi me-launching Gerakan Vaksinasi Merdeka sebagai strategi untuk mencapai target 70 persen vaksinasi sebagai hadiah di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), pada 17 Agustus 2021.

Launching program Vaksinasi Merdeka ini berlangsung di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta hari ini. Kapolri, Panglima TNI yang diwakilkan, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dan hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir dalam launching program ini.

"Baru saja kita dan Pak Menkes diundang Pak Kapolda untuk melaunching program Vaksinasi Merdeka, di mana program Vaksinasi Merdeka merupakan program vaksinasi dilaksanakan untuk merayakan hari kemerdekaan kita pada 17 Agustus," kata Jenderal Sigit kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (1/8).

Berita Terkait : Laskar Juang RDP Bersama Pemda dan Polres Bekasi Luncurkan Vaksin Roadshow Factory

Gerakan Vaksinasi Merdeka dilakukan di wilayah DKI Jakarta. Kegiatan itu merupakan kolaborasi dari Polda Metro Jaya, Pemprov DKI, Kodam Jaya, Satgas Covid-19, ikatan dokter, mahasiswa, akademisi, beserta relawan, yang dilaksanakan mulai 1 Agustus hingga 17 Agustus dengan target 3.060.000 orang disuntik vaksin pada Hari Kemerdekaan RI.

Sigit mengapresiasi seluruh stakeholder yang telah memiliki semangat bersama untuk mempercepat target dari pemerintah terkait pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Targetnya 3 juta lebih yang belum divaksinasi dan tanggal 17 Agustus untuk mencapai dosis pertama dan kedua bisa tercapai. Tentunya ini bisa jadi semangat dalam hal ini saya apresiasi," bebernya.

Berita Terkait : Peran ISEI Bagi Perekonomian Nasional Terus Diperkuat

Mantan Kapolda Banten ini menyebut, kegiatan tersebut menyasar warga DKI, khususnya yang belum mendapatkan suntikan vaksin. Sigit berharap, strategi percepatan vaksinasi massal seperti ini bisa dilakukan di seluruh wilayah Indonesia.

"Ini kami harapkan muncul dan bergelora di seluruh wilayah lain selain DKI, tapi saya apresiasi DKI dalam hal ini Polda Metro sebagai inisiatornya," harap Sigit.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut, Polda Metro Jaya menargetkan vaksinasi hingga 100 persen warga DKI. Nah, target tersebut akan dikejar melalui Vaksinasi Merdeka sejak tanggal 1 hingga 17 Agustus mendatang.

Berita Terkait : PAM Jaya Buka Sentra Vaksinasi Di Kelurahan SemananĀ 

"Tadi sudah dijelaskan Kapolri, kami Forkompinda DKI ini kompak kolaborasi aksi untuk mencapai herd immunity dengan target kuantitas, mudah-mudahan pada tanggal 17 Agustus masyarakat DKI Jakarta hampir mencapai 100 persen, target kita 100 persen," ujar Fadil.

Sekadar informasi, program Vaksinasi Merdeka besutan Polda Metro Jaya akan berlangsung mulai tanggal 1 hingga 17 Agustus 2021 mendatang. Program ini berisi pemberian vaksinasi ke warga yang menetap di DKI dengan total target 3 juta orang mendapat vaksin.

Prosesnya akan ada gerai vaksin di tingkat RW sebanyak 900 gerai. Polda Metro pun juga sudah bekerjasama dengan berbagai instansi terkait untuk melancarkan jalannya program ini. [OKT]