Dark/Light Mode

Hore, DKI Sediakan Pangan Murah Buat Orang Miskin

Daging Sapi Hanya Dijual Rp 35 Ribu/Kg

Sabtu, 4 September 2021 06:35 WIB
Ilustrasi harga daging sapi, dijual Rp 35 ribu per kilogram (kg). (Foto: Istimewa)
Ilustrasi harga daging sapi, dijual Rp 35 ribu per kilogram (kg). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjual pangan dengan harga miring khusus untuk orang miskin. Salah satunya, daging sapi, dijual hanya Rp 35 ribu per kilogram (kg). Padahal, harga komoditas itu tertinggi di Ibu Kota mencapai Rp 155 ribu per kg.

Harga pangan dijual miring karena disubsidi Pemprov DKI. Program Pangan Bersubsidi itu berlangsung 1 September hingga November 2021. Lokasinya tersebar di 158 titik yang dikelola Perusahaan Umum Daerah Pasar Jaya, Meatshop Dharma Jaya, dan Food Station.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, program Pangan Bersubsidi diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan gizi anak-anak dan warga Jakarta.

Baca juga : Varian Delta Ngamuk, Warga AS Yang Mau Divaksin Diiming-imingi Bonus Rp 1,45 Juta

Masyarakat yang bisa membeli pangan bersubsidi yakni penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) yang bergaji maksimal 1,1 kali Upah Minimum Provinsi (UMP), penghuni rusun yang terhubung dengan Bank DKI, warga lanjut usia tidak mampu, dan penyandang disabilitas yang tidak mampu.

Selain itu, pekerja/buruh ber-Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI dengan upah maksimal 1,1 kali UMP, kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), guru non-Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan tenaga kependidikan non-PNS berpenghasilan maksimal 1,1 kali UMP.

“Semuanya harus terdaftar pada whitelist Bank DKI. Artinya, data sudah terverifikasi sesuai dengan data yang diajukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Bank DKI sebagai penerima manfaat pangan bersubsidi,” ujarnya, di Jakarta, Kamis (2/9).

Baca juga : PPKM Darurat, KAI Siapkan Layanan Rapid Test Antigen Di 83 Stasiun

Komoditas yang dijual pada Program Pangan Bersubsidi adalah beras premium 5 kg seharga Rp 30 ribu, daging sapi 1 kg per bungkus Rp 35 ribu, daging ayam 1 ekor per bungkus Rp 8 ribu, ikan kembung 1 kg Rp 13 ribu, susu UHT 1 karton (24 pieces) Rp 30 ribu, dan telur ayam 1 tray (15 butir) Rp 10 ribu. Semua harga komoditas itu lebih murah hingga di atas 60 persen. Misalnya saja harga daging sapi, harga tertinggi di Ibu Kota mencapai Rp 155 ribu per kg.

Suharini menekankan, penerima manfaat yang ingin membeli pangan itu harus mendaftar dulu via online.

“Tidak mendaftar online tidak dapat dilayani. Selain itu, penerima manfaat hanya dapat membeli paket pangan bersubsidi satu kali,” imbuhnya.

Baca juga : Mulai Hari Ini, KAI Sediakan Layanan Vaksin Gratis Di Stasiun

Untuk pembayarannya, tidak bisa secara tunai tapi menggunakan saldo yang berada di ATM penerima manfaat yang sebelumnya telah terdaftar dalam whitelist Bank DKI.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.