Dark/Light Mode

Korut Krisis Pangan

Astaga, Harga Satu Pisang Rp 100 Ribu

Sabtu, 19 Juni 2021 08:32 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. (Foto: BBC)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. (Foto: BBC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemimpin tertinggi Korea Utars (Korut) Kim Jong-un mengakui negaranya tengah mengalami kelangkaan sembako. Krisis pangan tersebut, menurutnya, terjadi akibat pandemi Covid-19 dan akibat cuaca ekstrem.

Baca juga : Kementan Beri Bantuan Alat Pertanian Kepada Mahasiswa UGM

“Pasokan makanan makin sulit akibat banjir panjang dan topan,” pengakuannya dalam pertemuan dengan pejabat senior partai berkuasa, Selasa lalu (15/6).

Baca juga : Korupsi Pengadaan Tanah, KPK Perpanjang Penahanan Eks Dirut Sarana Jaya

Jarang bagi Kim mengakui masalah di negara yang dia pimpin. Sebelumnya para ahli sudah memperingatkan Kim bahwa pasokan makanan hampir habis, namun ditepisnya. Kim Jong-un dengan percaya diri menyatakan ekonomi Korea Utara telah menunjukkan perbaikan secara keseluruhan.

Baca juga : Andika Harum Di Senayan

Kelangkaan pangan membuat harga makanan melambung. Harga sebuah pisang di Korut bisa mencapai Rp 100 ribu. Kepada BBC, Kamis (17/6), Pelapor Khusus PBB untuk Hak Asasi Manusia (HAM) di Korea Utara, Tomas Ojea Quintana mengungkapkan, ekonomi Korut merosot akibat pandemi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.