Dark/Light Mode

RS Di DKI Kini Leluasa Layani Pasien Umum

Alhamdulillah... Kasus Covid-19 Terus Turun

Rabu, 22 September 2021 06:50 WIB
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti.(Foto: Istimewa)
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti.(Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jumlah pasien Corona di rumah sakit (RS) rujukan di DKI Jakarta terus menurun. RS tersebut kini sedang melakukan persiapan untuk menambah kuota pasien non Covid-19.

Keterangan itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti.

“Tim dari Dinkes sudah mulai melakukan persiapan pengalihan. Mereka sudah turun ke rumah sakit secara bertahap,” ungkap Widyastuti, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (20/9).

Baca juga : PPKM Konsisten, Alhamdulillah Kasus Covid Jawa-Bali Turun Drastis

Dengan pengalihan RS rujukan Covid-19, papar Widyastuti, tindakan operasi yang sempat tertunda akibat pasien tidak dapat kamar ketika kasus Covid-19 tinggi, kini bisa terlaksana.

Di Jakarta terdapat 140 RS yang menjadi rujukan pasien Covid-19. RS itu terdiri dari RS Badan Usaha Milik Negara (BUMN), RS Umum Daerah (RSUD), RS Vertikal, RS Swasta, dan RS milik TNI/Polri.

Widyastuti memastikan berkoordinasi dengan RS tingkat pusat dan asosiasi rumah sakit swasta di dalam melakukan pengalihan RS.

Baca juga : Alhamdulillah, Kita Bangga

Widyastuti mengungkapkan, pandemi Covid-19 di Jakarta semakin terkendali. Pada 19 September 2021 kasus baru hanya 91 orang. Jumlah kasus aktif di Jakarta juga turun 321 kasus. Saat ini, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat maupun menjalani isolasi sebanyak 2.558 orang. Sedangkan positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 1,1 persen. Artinya, lebih rendah dari batas atas World Health Organization (WHO) yang menetapkan 5 persen untuk terkategori kawasan aman.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, saat ini tidak ada antrean pasien Covid-19 di Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RS rujukan Covid-19 maupun non-rujukan di Jakarta.

“Alhamdulillah, kasus Covid-19 di DKI Jakarta sudah turun,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.