Dark/Light Mode

Danseskoal Bicara di Konferensi Internasional di Singapura

Jumat, 17 Mei 2019 00:31 WIB
Kiprah Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksda TNI Amarulla Octavian saat berbicara di konferensi International Maritime Security Conference, di Singapura.
Kiprah Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksda TNI Amarulla Octavian saat berbicara di konferensi International Maritime Security Conference, di Singapura.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kiprah Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksda TNI Amarulla Octavian terus menanjak. Dia baru saja dipercara untuk menjadi pembicara di konferensi International Maritime Security Conference di Singapura.

Amarulla menjadi pembicara kedua pada sesi pertama International Maritime Security Conference. Konferensi dibuka secara resmi Kasal Singapura Laksda Lew Chuon Hong.

Baca juga : Digelar Sore Ini, Begini Tahapan Sidang Isbat

Konferensi ini terbagi ke dalam 4 sesi dengan moderator para profesor dari beberapa universitas internasional ternama. Pembicaranya juga top-top. Seperti Kasal Amerika Serikat Laksamana John Richardson, Kasal Jepang Laksamana Hiroshi Yamamura, Kasal Jerman Laksdya Andreas Krause, Kasal Australia Laksdya Michael Noonan, dan Kasal Filipina Laksdya Robert Empredad.

Konferensi ini dihadiri Kasal dari 16 negara, Perwira Tinggi mewakili Angkatan Laut 17 negara, dan pimpinan Coast Guard dari 6 negara. Amarulla datang ke acara mewakili Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. Dalam konferensi itu, Amarulla menyampaikan makalah berjudul “Indonesian Navy’s Perpective on Maritime Security and the Regional Naval Cooperation Development”.

Baca juga : JK Puji Bandara Internasional Yogyakarta

Selain mengikuti konferensi internasional, Amarulla, yang datang didampingi Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI Mar Nur Alamsyah, juga menghadiri dua acara penting lain. Yakni International Maritime Defence Exhibition (IMDEX) Asia 2019 dan peringatan 10 tahun Information Fusion Center (IFC) di Republic of Singapore Navy Command and Control Center (RSN C2C).

IMDEX Asia 2019 diikuti industri pertahanan dunia yang berlomba-lomba menampilkan teknologi keangkatan-lautan terbaru, baik teknologi persenjataan, teknologi deteksi maupun teknologi platform, dan propulsion. Sebagian besar teknologi sudah memanfaatkan proses digitalisasi, big data, dan artificial intelligence sebagai karakteristik peperangan laut modern di era Revolusi Industri 4.0.

Baca juga : Sejumlah Operator Angkutan Darat Siap Dukung Operasional Bandara Internasional Yogyakarta

Selaku Ketua Delegasi Indonesia, Amarulla juga memimpin bilateral meeting berturut-turut dengan delegasi Angkatan Laut Singapura, Angkatan Laut Perancis, dan Angkatan Laut Denmark. Informal meeting juga dilaksanakan dengan Panglima Angkatan Bersenjata Tonga dan Angkatan Laut Myanmar. Beberapa pertemuan tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas TNI AL menyelenggarakan diplomasi angkatan laut dan kerjasama kawasan menuju Navy 4.0.

Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, dimulai 14 hingga 16 Mei 2019. Kegiatan itu juga diramaikan dengan parade kapal perang yang menyertai para Kasal yang hadir dalam acara tersebut. TNI AL mengirim dua Kapal Cepat Rudal dari Koarmada I yaitu KRI Halasan dan KRI Tombak. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :