Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Digelar Sore Ini, Begini Tahapan Sidang Isbat

Minggu, 5 Mei 2019 15:26 WIB
Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin (Foto: bimasislam.kemenag.go.id)
Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin (Foto: bimasislam.kemenag.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadan 1440 H/2019 M akan digelar sore ini, Minggu (5/5), di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama (Kemenag), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, sidang akan dimulai sekitar pukul 5 sore dan berakhir sebelum Isya. Di waktu Magrib, akan ada jeda sekitar 15 menit.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin, dalam keterangannya menjelaskan, sidang akan diawali dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadan oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama. Pemaparan ini akan berlangsung sampai menjelang Magrib. 

Baca juga : 3 Faktor Ini Bikin Pembahasan RUU Minol Mentok

Setelah Magrib, pihaknya akan melaporkan hasil data hisab (perhitungan posisi bulan berdasarkan ilmu falak/astronomi) dan pantauan rukyatul hilal (melihat posisi hilal) yang telah dilakukan Tim Kemenag di seluruh Indonesia. "Kami melakukan pantauan Rukyatul Hilal di 102 titik di Indonesia," tuturnya. 

Dari data-data yang didapat, akan ditentukan kapan 1 Ramadan terjadi. Semua proses ini dilaksanakan secara tertutup. Setelah sidang selesai, akan dilakukan konferensi pers untuk mengumumkan ke semua masyarakat mengenai ketetapan 1 Ramadan yang sudah diambil. 

Baca juga : Siap Digelar, Konser Putih Bersatu Untuk Kemenangan

"Keputusan sidang itu akan disampaikan dalam konferensi pers yang dilakukan oleh Menteri Agama, DPR, serta MUI. Kami jadwalkan pukul 19.00 sudah bisa dilakukan konferensi pers," ujar Amin.

Sidang Isbat ini dihadiri unsur Kementerian Agama, DPR, MUI, Ormas-ormas Islam yang ada di Indonesia, dan perwakilan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Selain itu, ada juga perwakilan negara sahabat. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.