Dark/Light Mode

Festival Virtual Silat Cingkrik

Anies Sebut Pencak Silat Khas Betawi Punya Peluang Go Internasional

Minggu, 3 Oktober 2021 22:25 WIB
Festival Virtual Silat Cingkrik Tradisional Betawi. (Foto: Ist)
Festival Virtual Silat Cingkrik Tradisional Betawi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai kebudayaan Betawi, pencak silat perlu digali lebih dalam untuk melahirkan pesilat yang handal. Apalagi, banyak perguruan atau padepokan pencak silat yang harus dilestarikan di Jakarta.

Hal tersebut diungkap Anies saat hadir dalam Festival Virtual Silat Cingkrik Tradisional Betawi yang diselenggarakan oleh Perguruan Cingkrik Rawa Belong (Percira).

"Selamat atas terselenggaranya festival virtual Cingkrik Tradisional Betawi yang diselenggarakan oleh teman-teman di Perguruan Cingkrik Rawa Belong (Percira). Harapannya, kegiatan ini akan melahirkan potensi-potensi Pencak Silat Cingkrik Betawi yang menjadi pesilat handal, siap untuk ikut mempromosikan silat Indonesia di kancah global," ujar Anies, Sabtu (2/10).

Baca juga : PBSI: Performa Tim Merah-Putih Berpeluang Lolos Perempatfinal

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana menyatakan, pandemi Covid-19 tak mengurangi tumbuhnya ekosistem kebudayaan di lingkungan DKI Jakarta. Namun dengan diadakannya acara ini secara virtual justru sebagai satu tanda mulai bangkitnya kesenian daerah.

"Senantiasa dari kami Dinas Kebudayaan mendoakan semua pekerja seni dan pegiat budaya di DKI Jakarta diberikan nikmat sehat, kekuatan untuk menjaga kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19 ini," ungkap Iwan Henry Wardhana.

Hal senada diungkapkan Kepala Suku Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Barat Ahmad Syaropi yang menyatakan kesenian di Jakarta Barat mulai hidup kembali. "Festival ini merupakan tanda bahwa kesenian di Jakarta Barat mulai hidup kembali," ujar Ahmad Syaropi.

Baca juga : Natal Tahun Ini, Australia Buka Perbatasan Internasional

Sementara itu, Ketua Perguruan Silat Cingkrik Rawa Belong Robi Indra menyatakan Festival Virtual Silat Cingkrik Tradisional tahun 2021 ini merupakan kali kedua gelaran yang dilakukan di masa pandemi Covid-19.

Ia berharap para pelestari budaya Betawi tetap konsisten menjadi pejuang silat tradisi meski kondisi masih pandemi.

"Jika semua orang berhenti aktivitas karena wabah, kami justru ingin menyuarakan semangat kolaborasi sehingga menciptakan efek kekuatan untuk menghadapi Covid-19 ini," tutur Robi Indra.

Baca juga : Jangan Mencla-mencle, Ketatkan Pintu Kedatangan Internasional

"Harapan saya agar ke depan festival ini menjadi agenda rutin yang diadakan bersama dengan Pemprov DKI Jakarta. Pemenang mendapatkan tiket masuk sekolah-sekolah negeri melalui jalur prestasi. Dan nantinya agar festival Silat Cingkrik se-DKI Jakarta ini menjadi ajang memperebutkan piala dari Bapak Gubernur," tutup Robi. [TAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.