Dark/Light Mode

Pemprov Jakarta Target 1.369 RW Mandiri

Kurangi, Pilah Dan Olah Sampah Jadi Rupiah

Rabu, 6 Oktober 2021 07:00 WIB
Warga bersama petugas bank sampah menimbang sampah di kawasan Lebak Bulus, Jakarta. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Warga bersama petugas bank sampah menimbang sampah di kawasan Lebak Bulus, Jakarta. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

 Sebelumnya 
ATM Sampah Keliling

Bank sampah memang bermanfaat, karena warga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dari hasil sampah domestik rumah tangga. Seperti di Jakarta Utara (Jakut), upaya untuk menukarkan sampah ke bank sampah semakin mudah. Pemerintah Kota Jakut meluncurkan mobil ATM Sampah Keliling.

Peluncuran yang dilakukan 1 Oktober 2021 itu menggandeng sejumlah pihak untuk menghadirkan pembaruan pengelolaan sampah di wilayahnya melalui Bank Sampah Induk atau BSI Mountrash Jakut.

Baca juga : Teluk Jakarta Tercemar Obat, KLHK Mau Panggil Perusahaan Farmasi

Peluncuran ini digelar di fasilitas BSI Mountrash yang berlokasi di Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing.

“Bank sampah unit akan berkoordinasi dengan BSI Mountrash Jakarta Utara dalam penyaluran sampah dari warga yang sudah dipilah bernilai ekonomis,” ujar Wali Kota Jakut Ali Maulana Hakim.

Kehadiran BSI Mountrash Jakut dilengkapi dengan Apps Moun Care dan Mountrash yang bisa warga unduh melalui ponsel.

Baca juga : Ini Cara Nestle Kurangi Sampah Plastik Kemasan

Warga cukup memindai barcode yang tertera di tong-tong sampah khusus dari Mountrash atau melalui mobil ATM Sampah Keliling. Sampah seperti botol plastik atau kardus akan dihitung untuk menilai berapa rupiah yang didapatkan dari penukaran.

Melalui aplikasi ini, transaksi penukaran sampah anorganik benar-benar dapat dilacak jumlahnya, serta uang yang akan masuk ke rekening Bank DKI.

Di Jakut, di setiap kecamatan telah disiagakan enam mobil ATM Sampah Keliling. Tong-tong sampah Mountrash juga ditempatkan di sekolah, tempat ibadah dan pos RW. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.