Dark/Light Mode

Dikasih Rapor Merah Versi LBH

Anies Tidak Marah

Rabu, 20 Oktober 2021 08:55 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Twitter @aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Twitter @aniesbaswedan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anies Baswedan mendapat kado kurang mengenakkan di 4 tahun masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta memberi rapor merah atas kinerja Anies. Meski begitu, Anies tidak marah. Anies mengaku, rapor tersebut akan dijadikan bahan perbaikan kinerjanya.
 
Lapor merah tersebut diantar langsung para aktivis LBH Jakarta ke Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (18/10). Rapor bersampul merah dan bergambarkan Tugu Monas itu, memuat 10 poin. 
 
Kesepuluh poin tersebut adalah buruknya kualitas udara, sulitnya akses air bersih, penanganan banjir, kampung kota belum partisipatif, ketidakseriusan memperluas akses terhadap bantuan hukum, sulit warga memiliki rumah, belum adanya intervensi signifikan terkait persoalan masyarakat pesisir, penanganan pandemi setengah hati, penggusuran, dan reklamasi terus berlanjut.
 
"Kita meng-highlight sepuluh permasalahan di Jakarta, termasuk janji politik Anies ketika naik menjadi Gubernur DKI Jakarta dan beberapa masalah krusial yang ada di Jakarta selama masa kepemimpinannya," kata pengacara publik LBH Jakarta Charlie Meidino, usai menyerahkan rapor tersebut.
 
LBH Jakarta menganggap Anies tak menepati janji kampanye. Salah satunya, soal penggusuran. Menurut Charlie, penggusuran dengan melibatkan Satpol PP dan anggota terkait, masih terjadi. Terlebih penggusuran paksa dilakukan tanpa didahului dengan musyawarah.
 
"Walaupun memang jumlahnya lebih kecil, tapi pola-pola serupa tanpa ada musyawarah dan juga pola-pola kekerasan melalui Satpol PP maupun oknum-oknum yang tidak berwenang seperti TNI, itu tetap terjadi di masa kepemimpinan Anies," bebernya.
 
Menanggapi rapor merah dari LBH Jakarta ini, Anies santai saja. Menurut mantan Mendikbud tersebut, kritik dari LBH Jakarta sangat bermanfaat bagi kepemimpinannya di Jakarta. Sebab, dirinya mendapat sudut pandang lain yang pada akhirnya membuat kinerja Pemprov DKI makin lebih baik lagi.
 
"Ini menjadi bahan yang sangat bermanfaat bagi kami untuk kita terus-menerus melakukan perbaikan. Untuk terus melakukan koreksi sehingga kita bisa memastikan bahwa kota ini bisa maju dan warganya bahagia," kata Anies, di DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, kemarin.
 
Anies memastikan, tidak alergi terhadap kritikan. Menurutnya, rapor merah itu sebagai bentuk perhatian LBH Jakarta untuk kemajuan Ibu Kota. "Terkait LBH, kami ucapkan terima kasih banyak. Senang sekali bahwa LBH memberikan energi, perhatian waktu untuk ikut memikirkan Jakarta," imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.