Dewan Pers

Dark/Light Mode

Politisi Kebon Sirih Akui Anies Mampu Kendalikan Banjir

Sabtu, 30 Oktober 2021 07:54 WIB
Wakil Ketua DPRD DKI, Misan Samsuri. (Foto: ist)
Wakil Ketua DPRD DKI, Misan Samsuri. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pamer pencapaian soal penanganan banjir. Kata Anies, banjir di Ibu Kota yang biasanya menelan waktu 3-4 hari untuk surut, kini bisa kering kurang dalam satu hari. Lantas bagaimana tanggapan DPRD DKI terkait capaian Anies dalam mengatasi banjir di Ibu Kota?

Wakil Ketua DPRD DKI, Misan Samsuri mengatakan, penanganan banjir yang dilakukan Anies tergolong berhasil. "Kalau ngomongin banjir di Jakarta menurut saya apa yang dilakukan oleh Gubernur saat ini sudah baik ya," kata Misan saat dihubungi RM.id, Sabtu (30/10).

Berita Terkait : Pemerintah Diminta Kendalikan Harga Batu Bara Untuk Domestik

Menurutnya, skema teknis penanganan banjir yang digagas Anies beserta jajarannya berjalan optimal. Hasil yang diinginkan untuk menanggulangi dampak hujan dapat dikendalikan. "Goalnya jelas bahwa dampak hujan harus dapat dikendalikan, genangan tidak boleh terjadi berhari-hari," ujarnya. 

Prinsipnya Pemprov DKI telah melakukan yang terbaik dalam mengendalikan banjir. Dia mencontohkan pengendaliannya berjalan dan koordinasi di antara masing-masing instansi juga berjalan ciamik. "Kerja sama ini menjadikan Ibu Kota jauh lebih baik dalam menghadapi banjir," ungkap Sekretaris DPD Demokrat DKI. 

Berita Terkait : Sinergi Kementan Tanggulangi Kasus Kematian Babi Di Kalbar

Saat ini Kebon Sirih, sambungnya, tengah merangsang jajaran Pemprov DKI untuk lebih peka mengurangi beban masyarakat yang mengalami banjir. "Satu hal yang saya akan serukan pada eksekutif yaitu bagaimana perhatian Pemprov pada masyarakat yang terkena dampak banjir, harus ada bantuan konkrit kepada mereka," tuturnya. 

Sebelumnya, dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Antisipasi La Nina bersama BMKG dan beberapa kementerian, Anies menegaskan hujan dan banjir merupakan fenomena yang terjadi secara terus-menerus.

Berita Terkait : 5 Kecamatan Di Samarinda Dilanda Banjir

Meski begitu, mantan Mendikbud itu mengatakan dirinya sudah menginstruksikan jajarannya di lingkungan Pemprov DKI agar bencana ini jangan dianggap sebagai given atau pemberian, tetapi harus bisa dikendalikan. "Gempa bumi itu di luar kendali manusia, kalau air hujan itu dalam kendali manusia," jelas Anies. [UMM]