Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sanksi Tilang Ditunda

Pemilik Kendaraan Tidak Lolos Uji Emisi Cuma Kena Teguran

Minggu, 14 Nopember 2021 07:05 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto: Twitter/ArizaPatria)
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto: Twitter/ArizaPatria)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengimbau warga pemilik kendaraan melakukan uji emisi untuk mengurangi pencemaran udara.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan, uji emisi bertujuan meningkatkan kualitas udara di Ibu Kota.

“Ini untuk kesehatan. Supaya udara yang kita hirup menjadi lebih baik,” kata Riza di Jakarta, kemarin.

Berita Terkait : Menag Minta Permendikbud Kekerasan Seksual Tidak Dimaknai Keluar Konteks

Dia mengakui, jumlah pengendara yang sudah melakukan uji emisi masih jauh dari target. Namun, Pemprov tetap optimistis warga bakal mematuhi imbauan ini. Sehingga, mau melakukan uji emisi kendaraan dan jumlahnya bakal terus meningkat.

“Nanti kalau sudah lebih dari 50 persen baru akan ditindak. Upaya penindakan, ada teguran dan sebagainya. Kami berharap, masyarakat melakukan uji emisi untuk kepentingan kesehatan dan keselamatan bersama,” imbaunya.

Soal ada tempat parkir yang membedakan tarif dengan meru­juk hasil uji emisi kendaraan, Riza setuju saja. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada setiap pengelola.

Berita Terkait : Kesadaran Warga Ikut Uji Emisi Masih Rendah

“Apa pun upaya mendorong masyarakat melakukan uji emisi, kami dukung,” tandasnya.

Makin Gencar

Lokasi uji emisi mulai menjamur di Jakarta. Suku Dinas Lingkungan Hidup di berbagai wilayah di Jakarta juga makin gencar menggenjot uji emisi bagi kendaraan. Seperti di Jakarta Pusat.

Berita Terkait : Genjot Kapasitas Pemuda Pesisir, Kemenpora Gelar Peningkatan Ekonomi Kemaritiman

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Pusat Marsigit memggelar uji emisi gratis di kantornya di Jalan Rawasari Selatan.
 Selanjutnya