Dark/Light Mode

Mahasiswa KKN Untag Beri Pelatihan Foto Produk Pakai HP Ke UMKM Medokan Semampir, Surabaya

Jumat, 16 Juni 2023 21:09 WIB
Pelatihan foto produk menggunakan kamera HP yang digelar mahasiswa KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ke UMKM Medokan Semampir (Foto: Dok. Pribadi)
Pelatihan foto produk menggunakan kamera HP yang digelar mahasiswa KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ke UMKM Medokan Semampir (Foto: Dok. Pribadi)

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya melaksanakan Kuliah Kerja Nyata(KKN), di RW 02 Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur. KKN dilaksanakan Sabtu (13/5). Kegiatan ini diambil khusus untuk mahasiswa non-reguler (NR), yaitu mahasiswa pekerja.

Kelompok NR 01 yang terbentuk terdiri dari beberapa mahasiswa, salah satunya Hanifah Nur Aini, mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945. Dengan program kerja inovasi yang dibuat, yaitu Strategi Branding dan Pelatihan Foto Produk Menggunakan Handphone untuk UMKM Medokan Semampir RW 02 Surabaya. Kegiatan ini dibimbing Dosen Pengampu Lapangan (DPL) Rahma Kusumandari selaku Dosen Fakultas Psikologi Untag Surabaya.

Dalam era digital saat ini, banyak hal sudah beralih pada teknologi. Mulai dari pemesanan makanan, berbelanja online, sampai pembayaran. Semua saat ini serba digital.

Untuk mengikuti perkembangan zaman, kita perlu mengubah sedikit demi sedikit dengan gaya hidup yang kita jalani. Berawal dari era pesan ojek online yang dirilis GoJek. Hal ini memang sangat membantu dalam segi ekonomi yang ada di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, GoJek menerbitkan fitur-fitur seperti GoCar, Gosend, Gofood, dan masih banyak lainnya. 

Baca juga : Usbat Ganjar Berikan Pelatihan Tahtim Dan Tahlil Di Medan

Sabtu (21/5), kegiatan sosialisasi Pelatihan dan Pendampingan Foto Produk menggunakan Handphone dilaksanakan. Dengan sasaran para remaja dan karang taruna RW 02 Medokan Semampir agar mereka memiliki keahlian dalam penggunaan teknologi Smartphone.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut dijelaskan teknik dan jenis-jenis foto produk. Pemaparan materi dijelaskan Yulian Salamah, mahasiswa Ilmu Komunikasi sebagai narasumber pada hari itu. Setelah dilakukan sesi sosialisasi, sasaran diajak untuk praktik. Dengan tujuan tidak hanya menerima ilmu tetapi juga menerapkan ilmu yang disampaikan.

Antusias masyarakat dalam praktik foto produk sangat tinggi. Mereka banyak melakukan sesi tanya jawab dan praktik yang nantinya bisa dilakukan sendiri di rumah dengan hanya bermodalkan handphone.

Baca juga : Wapres: Usia Muda Sedikit, Yang Tua Semakin Banyak

Pelatihan foto produk ini sangat penting untuk meningkatkan usaha UMKM. Sebab, foto dapat memengaruhi tingkat kepercayaan konsumen saat membeli suatu barang.

Di penghujung acara, ada sesi penerimaan Teknologi Tepat Guna (TTG), sebagai hasil luaran program kerja ini, yang diterima Ketua Karang Taruna RW 02 Medokan Semampir, Septa. Acara ini bertujuan memudahkan pembuatan foto produk UMKM warga RW 02 dengan menerapkan apa yang sudah diterima saat sosialisasi dan praktik foto produk. Tidak hanya penerimaan TTG, mahasiswa juga dapat membantu pendampingan foto produk.


Sabtu (10/6/2023) dilakukan kegiatan foto produk oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi, Hanifah Nur Aini. Dengan produk Mie Ayam mingming, yang sudah terdaftar di Go Food, kemudian dilakukan Verifikasi akun serta Foto Produk yang akan jadi gambar pada Go Food. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.