Dark/Light Mode

Hadirkan Pemuda Papua Bertalenta, PYCH Binaan BIN Sukses Gelar Pertunjukan di DKI

Senin, 21 Agustus 2023 12:41 WIB
Pertunjukan karya anak-anak Papua oleh PYCH binaan BIN, di Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat malam (18/8). (Foto: Istimewa)
Pertunjukan karya anak-anak Papua oleh PYCH binaan BIN, di Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat malam (18/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Intelijen Negara (BIN) melalui Papua Youth Creative Hub (PYCH) sukses menggelar pertunjukan di DKI Jakarta serta menghadirkan banyak para pemuda bertalenta di industri kreatif asal Bumi Cenderawasih.

Para seniman dan influencer menggelar pertunjukan dalam rangka HUT ke-78 RI bertemakan ‘Gebyar Kemerdekaan dari Papua untuk Indonesia’, di Lapangan Benteng, Jakarta, Jumat (18/8). Kegiatan tersebut diselenggarakan PYCH selaku organisasi kepemudaan Bumi Cenderawasih binaan BIN.

Acara tersebut mengundang para seniman dari Papua yang berada di Jakarta. Di sana juga terdapat berbagai macam pertunjukan seperti musik, tari, hingga stand up comedy dari para pemuda asal provinsi paling Timur di Tanah Air itu. Terdapat pula bazar UMKM Papua yang secara khusus menjual kuliner hingga cenderamata khas Papua.

Baca juga : Wariskan Semangat Kebudayaan, Pena Mas Ganjar Gelar Pentas Seni Pelajar Di Pati

Salah satu personel Tim Musik Anak Comen (MAC) Morde mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan PYCH dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI mampu semakin memberikan semangat para pemuda Papua untuk berkarya.

“Dari kita, mari dan menjadi contoh buat temen-temen anak muda Papua, seniman untuk terus berkarya, buktikan bahwa kalian bisa,” ungkap Morde.

Dia merasa sangat senang dan bangga karena bisa mewakili Bumi Cenderawasih. “Senang sekali, bangga bisa mewakili Tanah Papua,” tambahnya.

Baca juga : Sosialisasikan Herviano, Relawan Sedulur Saklawase Gelar Kegiatan Sosial

MAC memberikan semangat kepada generasi muda Papua untuk tetap dan terus berkarya, karena hal tersebut akan mengantarkan mereka sukses. “Papua tetap bisa dan terus berkarya apa pun yang terjadi. Jatuh bangun tetap terus berkarya, karena karya akan membawamu pada kesuksesan,” tambah Elmar, salah seorang personel MAC lainnya.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang YouTuber, Thariq Halilintar, mengapresiasi bagaimana para anak muda Papua yang mampu untuk terus berkreasi dan menuangkan kreativitas mereka bahkan dari berbagai sektor di industri kreatif. “Di sini anak muda Papua berkumpul untuk berkreasi, untuk menuangkan kreativitasnya dari berbagai jenis dan berbagai sektor industry kreatif, dan ini luar biasa sekali,” katanya.

Thariq menambahkan, dirinya juga terkesan dengan atas berbagai potensi seniman yang tergabung dalam PYCH. Menurutnya, berbagai produk PYCH, termasuk sektor UMKM, kuliner, dan hasil karya cenderamata maupun fashion dapat bersaing tidak hanya di dalam negeri namun juga dapat menembus pasar internasional.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Pertunjukan Musik Calung Di Kota Bandung

"Luar biasa, ini baju yang aku pakai aja keren banget asli buatan Papua. Kainnya bagus, modelnya bagus, bisa dipakai buat manggung. Potensi musisinya gak diragukan lagi. Untuk UMKM, makannya enak-enak semua, kopinya mantap," lanjut Thariq.

Grup MAC sebelumnya sudah dikenal memiliki kemampuan yang mumpuni. Grup musik PYCH binaan BIN tersebut telah tampil di acara Peringatan HUT Kemerdekaan pada 17 Agustus 2023, di Istana Merdeka, Jakarta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.