Dewan Pers

Dark/Light Mode

Moeldoko: HAM Bukan Untuk Ditakuti, Tapi Dihormati

Kamis, 18 Nopember 2021 10:37 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat memberikan sambutan dalam acara Festival HAM di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/11). (Foto: KSP)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat memberikan sambutan dalam acara Festival HAM di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/11). (Foto: KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan, penyelesaian persoalan bangsa tidak boleh tertunda hanya karena masalah Hak Asasi Manusia (HAM).

Menurutnya, HAM bukanlah untuk ditakuti.

Berita Terkait : Moeldoko Beberkan Alasan Indonesia Ditunjuk Presidensi G20

"Kita semua tak boleh takut kepada HAM. HAM itu dihormati. Bukan untuk ditakuti. Penghormatan terhadap HAM harus ditekankan," kata Moeldoko saat memberikan sambutan pada Festival HAM di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/11).

Moeldoko bilang, HAM merupakan persoalan yang tidak bisa hanya diatasi pemerintah atau lembaga tertentu saja. Karena itu, menurutnya, kita semua harus turun bersama-sama.

Berita Terkait : Bandara Halim Tidak Ditutup, Cuma Direvitalisasi

"Bukan untuk saling menyalahkan, tetapi saling memberikan kontribusi," tegas mantan Panglima TNI.

Dalam kesempatan itu, Moeldoko juga mengajak seluruh elemen masyarakat terus menebarkan welas asih dan peduli sesama di tengah pandemi Covid-19.

Berita Terkait : Nurul Ghufron: Musuh Gubernur Bukan KPK, Tapi Korupsi

Ia pun mengapresiasi munculnya gerakan-gerakan sosial di penjuru daerah. Seperti Sambatan Jogja atau Sonjo di Yogyakarta, Jogo Tonggo di Jawa Tengah, dan Roa jaga Roa di Sulawesi Tengah.

"Fenomena itu menunjukkan kita punya modal sangat kuat untuk bertahan. Modal yang telah mengakar di kehidupan masyarakat kita,” pungkasnya. [HES]