Dark/Light Mode

BPOM Keluarkan Izin EUA Vaksin Covovax

Khasiat 90,4 Persen Melawan Covid-19

Sabtu, 20 November 2021 07:30 WIB
Kepala BPOM Penny K Lukito. (Foto: Antara)
Kepala BPOM Penny K Lukito. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Kemudian, efikasi vaksin pada kelompok lanjut usia berdasarkan uji klinik fase 3 di Inggris adalah 88,9 persen.

“Di samping itu, hasil uji klinik fase 2 atau 3 di India menunjuk­kan respons imun yang baik dari pengukuran 14 hari setelah pemberian vaksin Covovax dosis kedua,” bebernya.

Baca juga : BPOM Terbitkan Izin Darurat Pakai Vaksin Covovax

Dengan izin darurat untuk vaksin Covovax, maka terhitung sejauh ini BPOM telah memberikan persetujuan EUA untuk 11 merek vaksin.

Kesebelas merek vaksin itu adalah Sinovac, CoronaVac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, Janssen, CanSino, Sputnik V, Zifivax dan terakhir Covovax.

Baca juga : Target 1000 Vaksin Setiap Wilayah, Sharp Percepatan Pemulihan Covid-19

Pada kesempatan itu, Penny mengingatkan warga berhati-hati dengan konsumsi obat-obatan untuk penanganan Covid-19.

“Jangan mudah terpengaruh dengan promosi produk obat, obat tradisional, maupun suplemen kesehatan dengan klaim dapat mencegah atau mengobati Covid-19,” imbaunya.

Baca juga : Cakupan Vaksinasi Di Victoria Tembus 80 Persen, Melbourne Longgarkan Prokes

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin (BGS) menyebut, Indonesia gagal mendapatkan akses 50 juta dosis vaksin asal perusahaan Novavax, sesuai kesepakatan awal dan hanya mendapat jatah 20 juta dosis.

Untuk memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19, dia menyebut Indonesia kemungkinan akan kembali mendatangkan vaksin produksi China, Sinovac. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.