Dark/Light Mode

Zona Hijau Meningkat

Duta Perubahan Perilaku Gencar Edukasi Warga

Sabtu, 20 November 2021 08:52 WIB
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny B Harmadi. (Foto: Dok.BNPB)
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny B Harmadi. (Foto: Dok.BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyebut zona merah terhadap kepatuhan memakai masker menurun selama sepekan terakhir.

Hal itu berdampak pada meningkatnya jumlah daerah yang masuk zona hijau, atau kepatuhan menggunakan masker di atas 90 persen.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny B Harmadi mengatakan, dua sampai empat pekan sebelumnya, jumlah zona merah, yang berarti kepatuhan penggunaan masker di bawah 60 persen, sempat tinggi.

Baca juga : Fadli Zon Dicari Warganet

Kondisi ini perlu terus ditingkatkan sebagai upaya bersama untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus.

“Perlu disadari semua pihak, pandemi belum ber akhir dan kepatuhan protokol kesehatan berkorelasi ter hadap jumlah kasus,” ingat Sonny, Jumat (19/11).

Menurutnya, dalam dua pekan terakhir, Bidang Peru bahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 terus melakukan penebalan ke kuatan duta perubahan perilaku di 12 provinsi yang cen derung mengalami penurunan kepatuhan.

Baca juga : Anjing Peliharaan Diberi Makan Lobster Dan Wagyu

Hingga Desember mendatang, para duta perubahan perilaku diminta terus mengedukasi masyarakat tanpa kenal lelah.

“Diharapkan upaya ini menjadi tindakan nyata untuk menjaga kepatuhan protokol kese hatan di masyarakat dan mencegah terjadinya gelombang ketiga,” ucapnya.

Saat ini tercatat 129.656 orang duta perubahan perilaku yang tersebar di 34 provinsi dan 436 kabupaten/kota se-Indonesia. Para duta perubahan perilaku berasal dari latar belakang berbeda, seperti mahasiswa, tokoh agama, penyuluh KB, guru, Pramuka, organi sasi kepemudaan, Satpol PP, dan sebagainya.

Baca juga : Unilever Indonesia Ajak Masyarakat Lawan Perundungan di Tempat Kerja

Selain itu, Sonny berharap kondisi pandemi di tanah air saat ini yang melandai bisa terus dipertahankan, seiring kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang tercatat di bawah 400 kasus per hari.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.