Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Junimart Desak Pemda Jangan Abaikan Potensi Bencana

Rabu, 10 November 2021 22:02 WIB
Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang. (Foto: Ist)
Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masing-masing, bertindak secara proaktif, maksimal dan antisipatif terhadap potensi bencana alam.

Sebagai upaya menekan jatuhnya korban jiwa akibat bencana alam, sehingga Pemda dengan pengalamannya terhadap penanggulangan bencana alam di daerah masing-masing diharapkan dapat melakukan langkah-langkah mitigasi yang tepat.

Baca juga : Soal Dana Cadangan PEN, Ini Saran Komisi XI DPR

"Musim penghujan itu adalah siklus tahunan yang senantiasa berulang. Sejumlah kejadian, dampak ikutan dari musim tersebut khususnya yang destruktif misal banjir, tanah longsor seharusnya sudah bisa diantisipasi berdasar pengalaman," ujar Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang di gedung Parlemen, Rabu (10/11).

Menurut Politisi PDI Perjuangan itu, pemerintah daerah mesti mengantisipasi potensi bencana dengan langkah konkrit. Tujuannya agar musibah banjir tidak boleh berulang dan menyengsarakan rakyat tanpa kecuali.

Baca juga : Gus Muhaimin Minta Pemerintah Dukung Industri Kreatif

"Ini tanggung jawab pemerintah daerah dan tidak boleh abai. Sebagaimana tertuang pada UU 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, rakyat harus dilindungi dan diselamatkan," tegas politisi kelahiran Kabupaten DAIRI, 58 tahun silam itu.

Lebih lanjut diungkapkannya, BPBD menjadi kunci utama dalam menentukan suksesnya mitigasi yang dilakukan oleh Pemda terhadap bencana alam.

Baca juga : DPR: Hapus Wajib Karantina Bagi Pelancong Luar Negeri

"Upaya ini tidak bisa dilakukan mendadak, harus kerja keras dengan pola manajemen darurat serta sudah melakukan pemetaan, mengerahkan seluruh potensi daerah dengan melibatkan unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda)," jelasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.