Dark/Light Mode

Gajah Tunggal Dirikan Puluhan Sentra Vaksinasi Di Grobogan

Rabu, 10 November 2021 09:34 WIB
Bupati Grobogan Sri Sumarni menyaksikan suntikan pertama vaksinasi yang dilakukan Kadinkes dr. Slamet Widodo di sentra vaksinasi yang didirikan Gajah Tunggal Cs di sentra vaksinasi GOR Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Selasa (9/11). (Foto: Ist)
Bupati Grobogan Sri Sumarni menyaksikan suntikan pertama vaksinasi yang dilakukan Kadinkes dr. Slamet Widodo di sentra vaksinasi yang didirikan Gajah Tunggal Cs di sentra vaksinasi GOR Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Selasa (9/11). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Grobogan Sri Sumarni meresmikan 49 sentra vaksinasi di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Yayasan Upaya Indonesia Damai yang juga dikenal sebagai United in Diversity (UID), dan Yayasan Indonesia untuk Semua (YIUS) pada Selasa (9/11).

Ke-49 sentra tersebut didirikan dengan dukungan Gajah Tunggal, PT Semen Grobogan, PT Indexim Coalindo, dan PT Indo Muro Kencana ini dipersiapkan untuk 50.500 akseptor, terbagi pada 4 kecamatan.

Bupati Sri Sumarni dalam sambutannya pada acara peresmian di sentra vaksinasi di GOR Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo menyampaikan apresiasi atas support dari PT Semen Grobogan dan Gajah Tunggal atas penyelenggaraan vaksinasi massal di kabupatennya.

Dia pun menyambut gembira pembukaan PT Semen Grobogan di daerahnya. Dia mengungkapkan, vaksinasi di Grobogan baru mencapai 52,77 persen dari target untuk dosis 1 dan 25,17 persen untuk dosis 2.

Baca juga : Tuan Rumah Pimpin Perolehan Medali Sementara Peparnas

Itu dikarenakan kuota vaksin yang kemarin belum mencukupi. Tapi, kuota akan bertambah dengan penyaluran dosis vaksin dari Presiden, Gubernur, Kapolda, DPR, dan pihak lainnya, seperti PT Semen Grobogan ini.

"Dengan ketersediaannya yang cukup dan lebih lancar, dan dengan gotong royong, bahu-membahu lintas sektor, cakupan vaksinasi di Grobogan diharapkan bisa mencapai 70 persen di akhir tahun, baik untuk dosis-1 mau pun dosis-2," katanya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/11).

Sri Sumarni membanggakan camat dan kepala desa yang menjadi ujung tombak gerakan vaksinasi massal di daerahnya. Ia menyebut para kepala desanya luar biasa sehingga kabupatennya pernah mencapai 100 ribu akseptor dalam satu hari.

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Slamet Widodo, Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto, Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah lainnya.

Baca juga : Kapolri: Peran Tokoh Lintas Agama Bantu Percepatan Vaksinasi Di Labuan Bajo

Ketua UID Suyoto yang juga mewakili YIUS menyampaikan terima kasih kepada pemerintah atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan sehingga UID dan YIUS serta perusahaan perusahaan pendukungnya bisa menjalankan misi sosialnya sampai ke daerah daerah.

Ia mengutarakan, pendirian sentra vaksinasi di Grobogan ini adalah bagian dari program yang telah dijalankan UID-YIUS sejak awal September ke berbagai kota di Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan.

Program ini berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan, pemerintahan daerah, dinas kesehatan, Puskesmas serta instansi TNI dan Polri untuk mendukung upaya pemerintah dalam percepatan laju vaksinasi, serta mendorong pemerataantarget pencapaiannya antar daerah Indonesia.

Direktur Produksi PT Semen Grobogan Suparni yang sekaligus mewakili Gajah Tunggal serta perusahaan perusahaan sponsor lainnya mengatakan, percepatan laju vaksinasi di Grobogan ini bukan hanya untuk mencapai kekebalan komunitas masyarakat dan memulihkan kondisi kesehatan rakyat. Tetapi juga untuk mempercepat berputarnya kembali roda perekonomian Indonesia.

Baca juga : Dirjen Kominfo: Segera Vaksinasi, Mari Cegah Gelombang 3 Covid

Termasuk di Jawa Tengah ini, khususnya Kabupaten Grobogan yang merupakan tempat kegiatan PT Semen Grobogan, salah satu perusahaan kelompok Gajah Tunggal.

Penyelenggaraan sentra vaksinasi UID-YIUS di Grobogan berlangsung paralel dengan kegiatan yang sama yang berlangsung di Jakarta, Karawang, Tangerang serta di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Baik untuk vaksinasi dosis 1 mau pun dosis 2. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.